Delapan Orang Anak Buah Kapal dari Makassar Terdeteksi Positif Covid-19 di Samarinda | KLIKSAMARINDA
Fokus News

Delapan Orang Anak Buah Kapal dari Makassar Terdeteksi Positif Covid-19 di Samarinda

KLIKSAMARINDA – Sebanyak delapan orang anak buah kapal (ABK) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam rilis update Covid-19 dari Dinas kesehatan Samarinda, kedelapan orang ABK tersebut merupakan ABK kapal BK.

Dinas Kesehatan Samarinda juga menyebutkan para ABK itu memiliki riwayat perjalanan kapal dari Makassar ke Balikpapan. Perjalanan dari Balikpapan kemudian berlanjut ke Samarinda.

Kedelapan orang ABK tersebut diketahui terkonfirmasi potisif Covid-19 setelah melalui serangkaian pemeriksaan. Tahap pertama pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Samarinda pada Kamis, 28 Mei 2020.

Tahap kedua screening lanjutan oleh Tim Laboratorium Lapangan Covid-19 pada Jumat 29 Mei 2020.

Tahap ketiga, kedelapan orang ABK ditetapkan sebagai pasien dengan pemantauan (PDP) karena IFA positif dan dirawat di RS Karantina Bapelkes Samarinda. Kedelapan orang ini tidak berdomisili di Samarinda dan tidak pernah turun kapal karena diberlakukan karantina kapal oleh KKP Samarinda.

Penetapan kedelapan orang ABK terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut pada 2 Juni 2020 dan dinyatakan hasil tes swab positif.

Point of View:  Catatan Wagub Kaltim, Angka Konfirmasi Positif Covid-19 Tinggi Bukan Kebanggaan

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang membenarkan adanya ABK yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Samarinda.

“Tadi pagi saat Rapis test di Pasar Merdeka, ada informasi beberapa anak buah kapal rapid test dan swab itu positif,” ujar Syaharie Jaang dalam Arahan Wali Kota dan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020, Rabu siang 3 Juni 2020..

Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini membuat kasus terkonfirmasi positif di Samarinda menjadi 51 orang per 3 Juni 2020. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status