Ragam

Brimob Polda Kaltim dan Serba-Serbi Peringatan HUT RI ke-74 Tahun

Satuan Brimob Polda Kaltim menggelar Apel Gelar Pasukan Brimob Power on Hand Kapolda Tahun 2019 di Lapangan Brimob, Stalkuda, Balikpapan, Minggu, 25 Agustus 2019. Apel dipimpin langsung oleh Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol. Drs.Edy S. Tambunan, M.Si, dihadiri para Pejabat Utama Polda Kaltim. Apel tersebut dilaksanakan dengan formasi lengkap dalam rangka penyiagaan pasukan Brimob Nusantara sebagai Power On Hand Pimpinan. Tampil sebagai Danup Komandan Batalyon C Pelopor, Kompol Handri Wira Suriyana, SIK.

Gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan seluruh personil dan peralatan operasional. “Seluruh personil Brimob Polda Kaltim, baik Makosat, Yon A, Yon B, dan C serta detasemen gegana kita hadirkan untuk memastikan kesiapan seluruh personil dijajaran Satuan Brimob Polda Kaltim, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ungkap Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Mulyadi, SIK melalui Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK selaku inspektur Upacara.

Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol. Drs. Edy S. Tambunan, M.Si, memeriksa formasi lengkap dalam rangka penyiagaan pasukan Brimob Nusantara sebagai Power On Hand, Minggu, 25 Agustus 2019 (Foto: Dok)

Dalam kesiapan tersebut, masing-masing personil dilengkapi dengan peralatan seperti tameng, ranmor R2, R4 dan R6 Rantis, Ransus dan senjata laras licin dll*, serta peralatan lainnya yang merupakan alat pendukung dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Menurut AKBP Gunawan, apel ini dilakukan secara serentak di seluruh Satuan Brimob Daerah se Indonesia, berdasarkan perintah dari Kapolri sebagai Power on Hand Pimpinan agar pasukan Satuan Brimob siap digerakkan setiap saat.

KLIK JUGA:  Uji Swab Massal Kolaboratif Dua Wilayah di Kaltim Tracing Covid-19

Selain menggelar apel gelar pasukan, Brimob Polda Kaltim juga melakukan pelbagai acara dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 tahun. Semarak kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 dalam balutan slogan “SDM Unggul Indonesia Maju” menginspirasi Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Mulyadi, S.I.K. menggelar berbagai perlombaan bagi anak-anak di Lapangan Makosat Brimob Polda Kaltim, Jalan Jenderal Sudirman, Stalkuda, Balikpapan.

Menyasar anak-anak, kata Ketua Panitia Perlombaan Kasubbagrenmin Satbrimob AKP Iwan Pamuji, SH, karena sebagai generasi muda harus sejak dini dipersiapkan menjadi manusia unggul, salah satunya menjadikan anak-anak berpikir positif, berdaya saing sportif, mampu bekerja sama dan berkoordinasi untuk memecahkan permasalahan. Hal ini sesuai arahan Dansat Brimob, untuk mengadakan perlombaan berkelompok guna mengenalkan kerja sama, koordinasi, komunikasi dan pribadi yang percaya diri sejak dini. Perlombaan terdiri dari lomba lari kelereng, lomba bakiak pakai alsus PHH, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba giring bola pakai terong, lomba lari balon, lomba sarung estafet, lomba pecah air pakai tongkat dan lomba balap karung pakai helm.

“Mereka (anak-anak) merupakan generasi penerus dan kita adalah orang tua yang harus mempersiapkan mereka menghadapi globalisasi yang penuh persaingan nanti,” katanya usai membuka secara resmi perlombaan 17-an.

Seluruh perlombaan secara antusias dan semangat peserta lomba yang diikuti dari personel Satbrimob, Ibu Bhayangkari dan anak-anak anggota Satuan Brimob Polda Kaltim, terlihat kerja sama dan kekompakan setiap kelompok dalam mencari juara. Kondisi ini memacu semangat para orang tua untuk menyemangati dan bertepuk tangan meriahkan jalannya perlombaan. Beberapa peserta lomba terlihat mengalami kesulitan saat bertanding dalam lomba terutama menagkap belot, sehingga para orang tua dan panitia sigap membantu tanpa mengurangi makna sportifitas. Disela-sela acara, Kasubbagrenmin mengatakan bahwa bukan sekedar kemenangan yang dicari, namun lebih penting bagaimana menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan karena sebagaian besar lomba mengutamakan kerja sama tim.

KLIK JUGA:  Kontak Dengan Pasien Reaktif Rapid Test Covid, 64 Tenaga Medis di RSU AW Syahranie Samarinda Diistirahatkan

AKP Iwan Pamuji selaku Ketua Panitia Lomba mengatakan “Jangan dilihat dari banyaknya hadiah yang diterima ataupun juara yang diraih, tetapi prosesnya dalam menjadikan peserta sekalian mampu bekerja sama, berkoordinasi dan terjalin silaturahmi antar peserta, saat memberikan hadiah seraya mengajak untuk bersama-sama mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif menuju Indonesia maju.

Di Samarinda, personil Brimob juga menggelar kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74. Ratusan personil Batalyon B pelopor beserta keluarga, pada Minggu, 18 Agustus 2019, berkumpul di Lapangan Indera Karya Sakti untuk mengikuti berbagai kegiatan diantaranya perlombaan untuk anak anak , perlombaan untuk bhayangkari serta perlombaan antar personel Brimob. Sejak Pukul 07.00 WITA Ratusan Anggota Keluarga Dari masing masing personel memadati tiap tiap venue perlombaan Dan Kegiatan Tersebut dibuka secara langsung oleh AKBP Febryanto Siagian,S.H, S.I.K, M.S,i.

Terdapat Beberapa perlombaan anak anak diantaranya lomba balap karung, lomba makan krupuk dan lomba kelereng. untuk para Bhayangkari Brimob samarinda juga terdapat lomba memasak antar bhayangkari kompi dan lomba makan kerupuk, namun tidak kalah meriahnya juga yaitu perlombaan antar personel Brimob diantaranya Lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba bakiak, dan yang paling dinanti yaitu lomba panjat pinang.

KLIK JUGA:  IKN di Kaltim, Siapkah Administrator Muda Bersaing?

Para suporter dari masing masing kompi pun Ramai dengan berbagai yel yel penyemangat agar Tim mereka bisa memenangkan perlombaan ini, Dari pantauan Tim media Brimob Samarinda untuk perlombaan panjat pinang, Tim Kompi 2 berhasil menggapai puncak pinang dimenit ke 4 Dan untuk lomba memasak sesama bhayangkari juara 1 di raih kompi 1.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Batalyon B pelopor menuturkan bahwa “Saya Ucapkan kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras demi terselenggaranya kegiatan ini sehingga dapat berjalan lancar dan antusias seluruh personel Batalyon B pelopor Cukup Tinggi” Dan Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi SIK mengapresiasi Kepada Batalyon B Pelopor Yang Telah turut Memeriahkan Moment Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-74. (rilis)