Clicky

Pemkot Samarinda

Wawali Samarinda: Wujudkan Kota Layak Anak Butuh Kolaborasi Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat

KLIKSAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi menghadiri Rapat Koordinasi Kota Layak Anak (KLA) untuk mereview evaluasi KLA Kota Samarinda tahun 2023. Acara digelar di Hotel Grand Sawit, Jalan KH Abdurrasyid Samarinda, Selasa 7 November 2023.

Rusmadi mengatakan pelaksanaan KLA sejalan dengan visi misi Pemerintah Kota Samarinda mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban Menuju Kota Layak Anak dan Responsif Gender. Tujuannya agar Samarinda meraih kategori KLA utama pada evaluasi 2024.

Rusmadi menyatakan Pemkot Samarinda berkomitmen serius mewujudkan Samarinda Menuju Kota Layak Anak Kategori Utama di evaluasi 2024.

“Di Indonesia, Kota Layak Anak sudah lebih terarah dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak,” ungkap Rusmadi.

Menurut Rusmadi, untuk mewujudkan KLA diperlukan kemitraan, kebijakan, anggaran, sosialisasi, hingga komitmen dari berbagai pihak. Termasuk pemerintah kota, swasta, masyarakat sipil, Lembaga non-pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

“Kemitraan yang melibatkan semua pihak menjadi kunci keberhasilan KLA. Dibutuhkan kolaborasi semua elemen,” jelas Wakil Wali Kota Samarinda itu.

Lebih lanjut, Rusmadi menegaskan komitmen kuat dari pemerintah daerah sangat diperlukan. Begitu pula program terintegrasi yang mengedepankan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Menurut Rusmadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain, masalah Kebijakan dan Anggaran. Selain itu, peran dan faktor pendukung dalam mewujudkan Kota Layak Anak adalah sosialisasi agar pihak-pihak yang terlibat mampu memahami dan menerapkan konsep dalam mewujudkan KLA.

“Komitmen juga sangat diperlukan agar konsep KLA bukan hanya diterapkan saja, namun dapat mencapai target sasaran yang diharapkan bersama,” ujar Rusmadi.

Rusmadi menjelaskan dalam peraturan dijelaskan bahwa jika kebijakan KLA memiliki tujuan untuk mewujudkan sistem pembangungan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Samarinda terus berupaya keras menghadirkan rasa aman bagi anak-anak. KLA diyakini mampu mendorong daerah bekerja maksimal melindungi anak dan memenuhi haknya.

“Dengan mewujudkan Kota Layak Anak di Samarinda maka ini menjadi tonggak penyemangat bagi daerah agar bisa bekerja lebih keras lagi dalam melindungi kelompok anak dan memastikan pemenuhan haknya,” pungkas Rusmadi.

Dengan kolaborasi semua pihak secara berkelanjutan, Kota Samarinda optimis mampu mewujudkan KLA dan meraih kategori utama. Hal ini akan semakin meneguhkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban yang mengedepankan kepentingan anak bangsa sebagai generasi penerus. (Pia/Adv/DiskominfoSamarinda)

Back to top button
DMCA.com Protection Status