Warga Samarinda Gelar Pengajian di Tepi Sungai Mahakam

Tilawah Bareng di tepi Sungai Mahakam Samarinda, Senin 18 April 2022.

KLIKSAMARINDA – Ratusan warga Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), melantunkan ayat suci Al-Quran di tepi Sungai Mahakam, depan Kantor Gubernur Kaltim. Mereka melantunkan ayat suci Al-Quran di Jalan Gajah Mada, Senin sore 19 April 2022 kemarin.

Lumrahnya, kegiatan pengajian berada dalam ruang terbatas seperti masjid. Namun, kegiatan sore itu di ruang terbuka sehingga menyita perhatian warga yang melintas di Jalan Gajah Mada, Senin sore.

Dalam kegiatan ini juga ada tausiah dari Ustadz Ahsanur Ahmad, Lc. Beberapa warga yang melintas pun ada yang ikut serta melantunkan ayat suci Al-Quran dan mendengarkan tausiah.

Dalam tausiahnya, Ustadz Ahsanur Ahmad, Lc mengingatkan pentingnya membaca Al-Quran. Saat ini, menurut Ustadz Ahsanur Ahmad Lc, banyak anak muda yang tidak bisa membaca ayat Al-Qur’an. Anak muda ini pun terjebak dengan dunia yang di luar jalur agama dan berdampak pada perbuatan kemaksiatan.

Ketua Pelaksana Samarinda Mengaji, M. Faizuddin mengatakan kegiatan mengaji ini untuk mengembalikan dan mempertebal rasa cinta masyarakat terhadap Al-Quran.

Pembacaan ayat suci Al-Quran di tepi Sungai Mahakam Samarinda ini merupakan rangkaiaan kegiatan Samarinda Mengaji Yayasan Dana Kemanusiaan Indonesia. Tujuannya untuk membangkitkan kembali semangat untuk mengaji bagi umat Islam.

M Faizuddin menambahkan, kegiatan ini sengaja dilakukan di tepi Sungai Mahakam supaya masyarakat bisa hadir untuk mengaji bersama.

“Tujuan dari kegiatan ini di bulan Ramadan yang penuh berkah dan bulan diturunkannya Al-Quran. Kami mengajak teman teman di Kota Samarinda untuk mengaji bersama. Ngaji itu kalau sendirian kayaknya mudah lelah. Kalau bareng-bareng, lebih asyik sekaligus bertemu dengan keluarga baru dan silahturahmi di bulan suci Ramadan,” ujar M Faizuddin.

Seorang peserta pengajian, Fatmiati menilai bahwa kegiatan Samarinda Mengaji ini merupakan kegiatan positif dan bermuatan syiar Islam di bulan Ramadan. Terutama karena kegiatan ini dilakukan di tempat umum.

Fatmawati berharap Samarinda Mengaji bisa diikuti masyarakat agar kegiatan mengaji bisa menjadi satu kebutuhan dan berlangsung rutin setiap hari.

“Sangat strategis, karena di sini tempat orang nongkrong, ngabuburit. Sebaiknya seperti ini, artinya ngabuburitnya lebih baik dengan pengajian untuk baca Al-Quran dan mendengarkan tausiah. Di sini saya kira tempat yang pas,” ujar Fatmawati di sela-sela pengajian.

Kegiatan Samarinda Mengaji juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Adriani mengatakan, Samarinda Mengaji diharapkan bisa menjadi agenda rutin di Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

“Pemerintah Kota memfasilitasi kegiatan ini. Kalau tidak saat ini, kapan lagi untuk menyiarkan baca Al-Quran untuk masyarakat,” ujar Adriani. (Jie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status