NewsPemkot Samarinda

Wakil Wali Kota Samarinda Resmikan Pasar Ramadan Masjid Jami’ Jabal Nur

KLIKSAMARINDA – Suasana khidmat nan semarak menyelimuti Masjid Jami’ Jabal Nur di Jalan Wolter Monginsidi, Samarinda, Selasa 12 Maret 2024, sore kemarin.

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, meresmikan pasar Ramadan yang diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami’ Jabal Nur.

Dalam sambutannya, Rusmadi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Mudah-mudahan puasa di bulan Ramadan, serta ibadah zakat dan infak yang dilakukan diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala dan diberkahi kemudahan,” tutur Rusmadi membuka sambutannya.

Ia mengungkapkan kegembiraannya karena Masjid Jami’ Jabal Nur tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah shalat semata, tetapi juga menjadi pusat sosial masyarakat serta berperan dalam menguatkan ekonomi umat.

Rusmadi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pasar Ramadhan ini yang menjadi salah satu niat DKM dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sekaligus menjalin silaturahmi.

“Saya merasa gembira ketika menerima undangan untuk menghadiri pasar Ramadhan. Saya sempat bingung karena tempat ibadah shalat saja bisa sempit dan mengganggu jalannya ibadah, lalu pintas saya lihat ada lahan yang cukup,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Samarinda ini mengapresiasi niat baik DKM Masjid Jabal Nur yang tidak hanya menguatkan ekonomi umat dan UMKM, tetapi juga menjadi sarana bersilaturahmi dan bertegur sapa.
“Saya bersyukur karena pasar ini tidak hanya menguatkan ekonomi umat dan UMKM, tetapi juga sarana bersilaturahmi dan bertegur sapa. Tahun ini, niatnya lebih ikhlas, bukan hanya menguatkan UMKM, tetapi juga ikut serta dalam memecah kemacetan. Semoga niat baik dewan pengurus masjid Jabal Nur ini diberkahi oleh Allah,” tambahnya.

Tidak lupa, Rusmadi berpesan kepada DKM dan Irama (Ikatan Remaja Masjid), serta seluruh masyarakat yang terlibat agar menjaga pasar ini menjadi pasar yang bermartabat, bersih, dan tertib.

“Tentu saya titipkan pesan agar pasar ini dijaga agar menjadi pasar yang bermartabat, bersih, dan tertib. Semua kegiatan ini semoga dijalankan dengan niat ikhlas sehingga dapat mendapatkan pahala dari Allah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Jami’ Jabal Nur, Jumian, menjelaskan bahwa pasar Ramadhan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh DKM bekerja sama dengan masyarakat yang memiliki Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di pinggir jalan.

“Kami memanfaatkan lahan yang ada dan awalnya memberikan lapak secara gratis. Namun, untuk kebersihan dan keamanan, mereka dikenakan biaya 20 ribu per hari,” kata Jumian.

Jumian berharap pasar ini bukan hanya kegiatan sekali waktu, tetapi bisa tetap berlanjut setiap tahunnya.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja, tetapi bisa berjalan setiap tahunnya. Dengan adanya 15 lapak, semoga pasar Ramadhan ini menjadi tradisi yang mempererat tali silaturahmi dan mendukung ekonomi masyarakat setempat,” jelasnya.

Pasar Ramadhan Masjid Jami’ Jabal Nur ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus tempat bermuamalah bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi UMKM lokal untuk memasarkan produk-produknya.

Dengan antusiasme warga dan dukungan Pemkot Samarinda, pasar ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi tradisi tahunan yang dinanti-nanti. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status