Update Covid-19 Kaltim, Kasus Positif Tembus 6776 Orang | KLIKSAMARINDA
Fokus News

Update Covid-19 Kaltim, Kasus Positif Tembus 6776 Orang

Andi Muhammad Ishak

KLIKSAMARINDA – Angka kasus positif terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) terus meningkat. Penularan terjadi karena terindikasi akibat transmisi lokal.

Jumlah kasus konfirmasi per 21 September 2020 tercata mencapai angka 6776 kasus. Jumlah tersebut setelah dilaporkan pada 21 September 2020 ada penambahan kasus positif sebanyak 60 kasus.

“Hari ini tercatat ada 60 kasus terkonfirmasi positif yang tersebar di 9 kabupaten/kota se Kaltim. Penambahan terbanyak dari Balikpapan 36 kasus disusul Kutai Kartanegara 9 kasus, Berau 4 kasus, Bontang 4 kasus, Mahakam Ulu 2 kasus, Paser 2 kasus, Kutai Barat 1 kasus, Kutai Timur 1 kasus dan Penajam Paser Utara 1 kasus,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat teleconference melalui aplikasi Zoom, Senin 21 September 2020.

Menurut Andi Muhammad Ishak, hanya Samarinda yang pada 21 September 2020 tidak ada laporan penambahan kasus terkonfirmasi.

Penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim tersebut selain karena penulara yang massif, juga menurut Andi Muhammad Ishak karena tingginya upaya tracing dari tenaga medis. Sehingga penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur kini berlangsung cepat dan massif.

Kondisi ini salah satunya diakibatkan karena masih rendahnya kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Andi Muhammad Ishak menegaskan dukungan semua masyarakat di semua lapisan menjadi hal yang harus dilakukan ke depan.

Point of View:  Aparat Keamanan Datangi Warga Terdampak Pandemi Covid-19, Bagikan Nasi dan Takjil Untuk Berbuka Puasa

“Tidak ada cara lain yang paling efektif saat ini paling mudah dan murah yang bisa dilakukan adalah bagaimana terus melakukan pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Protokol kesehatan bila dijalankan dengan baik maka akan bisa menekan penularan Covid-19 ini dengan sebaik-baiknya, karena itu masih terus kita sama-sama saling mengingatkan, membantu dan menjaga baik diri sendiri maupun orang lain terutama anggota keluarga.

Andi Muhammad Ishak menjelaskan bahwa kasus sembuh dari Covid-19 bertambah 61 kasus, sebarannya dari Kutai Kartanegara 9 kasus, Kutai Timur 1 kasus, Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 39 tahun, Bontang 9 kasus. Angka kematian akibat Covid-19 jumlahnya juga terus bertambah setiap harinya. Hari ini Gugus Tugas melaporkan 6 kasus meninggal dunia dari Samarinda.

Dengan demikian kasus terkonfirmasi Covid-19 Kaltim 6.776 kasus, sembuh 4.454 kasus, meninggal 266 kasus, dirawat 2.056 kasus dan proses 1.649 kasus. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status