Keluarga Melanesia Papua Borneo Kaltim Dukung Pemekaran

KLIKSAMARINDA – Keluaga Melanesia Papua Borneo di Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan dukungan terhadap pemekaran daerah otonomi baru (DOB). Dukungan tersebut disampaikan melalui video singkat, yang beredar Sabtu 2 April 2022.

Dalam video singkat berdurasi 13.54 detik itu, masyarakat Papua yang juga mahasiswa asal Papua Melanesia di Samarinda, Kaltim menyetujui pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Selain mahasiswa, masyarakat yang mewakili Ikatan Keluarga Besar Melanesia Papua Borneo di Kaltim juga menyatakan dukungan penuh terhadap perdamaian di tanah Papua Indonesia.

Ketua Ikatan Melanesia Borneo Kaltim, Sarmadan Agasar, mengatakan pemekaran wilayah atau DOB merupakan upaya membantu dan membangun tanah Papua.

Khususnya membantu percepatan peningkatan SDM di Papua dan juga mempercepat pembangunan infrastruktur di Tanah Papua.

“Kami sangat mendukung penuh Daerah Otonom Baru (DOB) agar kepanjangan tangan dari pemerintah bisa sampai kepada masyarakat lapisan paling bawah sehingga dapat merasakan Kehadiran pemerintah di tengah-tengah Mereka,” ujar Sarmadan di Samarinda 31 Maret 2022.

Sarmadan berharap proses Pemekaran ini cepat ditangani secara serius Pemerintah Pusat. Sarmadan juga berpendapat dengan pemekaran, peluang pekerjaan bagi masyarakat Papua sangat besar.

“Kami orang asli Papua dan juga bisa mudah mendapatkan pekerjaan yang layak dengan masing masing disiplin ilmu yang sudah dipresentasikan di bangku kuliah hari ini,’ ujar Sarmadan.
`
Harapannya lanjut Sarmadan, jika pemekaran itu terjadi, agar mengutamakan orang asli Papua yang memiliki basis ilmu yang mapan.

“Kami mau nanti yang duduk di parlemen-parlemen adalah benar-benar orang asli Papua, sehingga kami orang Papua sendiri yang menjadi tuan di negerinya sendiri,’ ujar Sarmadan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status