Samarinda Berpotensi jadi Sentra Budidaya Ikan

KLIKSAMARINDA – Satu lagi potensi Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dalam mendukung ketersediaan pangan lokal. Sebuah sentra budidaya ikan nila terbentuk di Kecamatan Sungai Kunjang.

Sentra budidaya ikan nila ini terletak di kawasan Jalan Nusyirwan Ismail, Kelurahan Lok Bahu, Sungai Kunjang. Kawasan budidaya ikan nila ini memanfaatkan danau alam seluas 6 hektare.

Ada kurang lebih 400 keramba yang menjadi tempat budidaya ikan nila di sana. Ratusan keramba itu merupakan milik dua kelompok budidaya ikan (Pokdakan) dan dikelola masyarakat. Dua Pokdakan tersebut adalah Pokdakan Panorama Sejahtera Abadi yang mengelola ikan konsumsi dan Pokdakan Sahara yang membudidayakan ikan hias.

Pada Rabu, 1 Desember 2021, Wali Kota Samarinda, Andi Harun bersama sejumlah anggota DPRD Kota Samarinda menghadiri peresmian sekaligus pencanangan sentra budidaya komoditi ikan nila tersebut.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda, Subandi, bersama Ketua Komisi II DPRD Samarinda Fuad Fakhruddin, dan jajaran Komisi II lainnya antara lain Fahruddin dan Abdul Rofik.

Wali Kota Andi Harun menyatakan, budidaya perikanan ini akan menjadi salah satu kegiatan usaha produktif masyarakat Samarinda. Hal itu juga sejalan dengan visinya menciptakan 10 ribu pengusaha UMKM baru di Samarinda.

“Kota Samarinda sangat potensial untuk jauh berkembang dari hari ini, dan Pemerintah Kota Samarinda berkomintmen untuk menjadikan program ini sebagai program prioritas karena dampaknya yang besar bagi perekonomian masyarakat,” ujar Wali Kota Andi Harun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status