KLIKSAMARINDA | RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda Disemprot Disinfektan Cegah Covid-19
Provinsi Kaltim

RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda Disemprot Disinfektan Cegah Covid-19

rsjd atma husada

KLIKSAMARINDA – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Samarinda melakukan penyemprotan disinfektan, Senin 20 Juli 2020. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di sejumlah lokasi yang berkaitan dengan adanya kluster Covid-19 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Antara lain, penyemprotan disinfektan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam Samarinda, Jalan Kakap, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda. Selain penyemprotan di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Samarinda juga melakukan penyemprotan disinfektan di lima lokasi lainnya.

Penyemprotan dilakukan di RSUD IA. Moeis Samarinda, Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim Samarinda, Kantor Kecamatan Sungai Pinang, Kantor Polsek Sungai Pinang, dan Kantor Koramil Sungai Pinang.

Sebelumnya diketahui jika di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda terdapat kasus probable pasien Covid-19 yang meninggal dunia pada Rabu 15 Juli 2020 lalu. Kasus ini diketahui sejak adanya pasien yang mengidap gangguan kejiwaan ke RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Pasien meninggal dunia tersebut merupakan laki-laki 49 tahun pengidap orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) dan tercatat di RSJD Atma Husada Mahakam sejak 2017. Pasien mengeluh demam dan sesak napas, Selasa 14 Juli 2020.

Pihak keluarga lalu mengantarkan ke RSJD Atma Husada Mahakam dan kondisi pasien yang terus memburuk dan menunjukkan gejala Covid-19. Pihak RSUD Atma Husada Mahakam kemudian melakukan uji rapid diagnostic test. Hasilnya menunjukkan reaktif dan pasien kemudian meninggal dunia pada Rabu 15 Juli 2020.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda, penyemprotan disinfektan dilakukan. Hal ini, menurut Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda, Padilah Mante Runa menjelaskan penyemprotan ini untuk menghindari penyebaran Covid-19 di area RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

“Kegiatan penyemprotan disinfektan ini guna mencegah penyebaran Covid-19 di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda. Selain itu, kami juga terus melakukan monitoring dan evaluasi agar standar pelayanan rumah sakit yang baik di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda tetap terjaga,” ujar Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda, dr. Fadilah Mante Runa.

Hingga Senin 20 Juli 2020, RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda tetap melakukan pelayanan untuk umum. Antara lain, pelayanan pemeriksaan rapid test bagi pegawai ASN/Non ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim).

Petugas pelayanan rapid tess dijadwalkan untuk memeriksa pegawai ASN/Non ASN yang berasal dari gabungan seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Kaltim. (*)

DMCA.com Protection Status
%d blogger menyukai ini: