Plt. Bupati Kutim Kasmidi Bulang Terinfeksi Covid-19 | KLIKSAMARINDA
Fokus News

Plt. Bupati Kutim Kasmidi Bulang Terinfeksi Covid-19

KLIKSAMARINDA – Plt Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang terpapar virus corona (Covid-19. Melalui rilis Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, dr. Bahrani Hasanal, informasi tersebut disampaikan pada Sabtu pagi, 5 September 2020.

Menurut dr. Bahrani Hasanal, informasi terkonfirmasi positif Covid-19 Plt. Bupati Kasmidi Bulang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani swab test dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) yang setara dengan PCR untuk keperluan mendaftar ke KPU Kutim.

Pada Senin, 31 Agustus 2020 lalu, Kasmidi Bulang melakukan rapid test, untuk rencana perjalanan ke Tenggarong, tapi saat itu hasilnya, non reaktif.

“Selasa 1 September 2020, di Tenggarong, bersama Bacalon Bupati Ardiansyah Sulaiman, bertemu Sultan dan beberapa keluarga Sultan,” ujar dr. Bahrani Hasanal.

Dari Tenggarong, ujar Bahrani, Plt. Bupati Kasmidi Bulang menginap di Samarinda. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Jakarta, Rabu 2 September 2020. Selanjutnya, kembali ke Kaltim, Kamis 3 September 2020.

“Hasil pemeriksaan swab test pada Pak Ardiansyah Sulaiman, negatif. Jadi hanya Pak Kasmidi saja yang positif dan tanpa gejala. Sehingga kami minta beliau untuk karantina mandiri di rumah,” ujar Bahrani.

“Kita tahu, dengan kesibukan sekarang, tentu akan banyak pertemuan-pertemuan, sehingga kami sampaikan pada beliau untuk menjaga betul protokol kesehatan. Kalau tidak penting-penting betul, harus mengisolasi diri dan makan dengan menu sehat. Termasuk menjaga jarak terhadap tim pemenangan maupun para pendukung,” ujar dr. Bahrani Hasanal.

Kondisi yang dialami Kasmidi Bulang membuat dirinya tak turut serta dalam pendaftaran dalam rangka Pilkada Serentak 2020 di Kutim mendampingi  bakal calon Bupati Ardiansyah Sulaiman. Kasmidi saat melakukan video call dengan awak media yang berkumpul di Kantor KPU Kutim mengaku tidak merasakan gejala apapun.

Point of View:  Mahasiswa dan Pelajar Samarinda Turun ke Jalan, Demo di Depan DPRD Kaltim

Tapi karena statusnya terkonfirmasi positif Covid-19, ia harus taat prosedur dengan melakukan karantina mandiri sampai kondisinya pulih.

“Meski hari ini merupakan hari penting bagi saya, yakni mendaftarkan diri ke KPU Kutai Timur. Alhamdulillah, pendaftaran bisa dilakukan secara virtual. Saya di rumah dalam kondisi karantina mandiri dan Pak Ardiansyah Sulaiman bersama tim, melakukan proses pendaftaran di KPU Kutim. Karena, karantina mandiri adalah bagian dari kewajiban kita, ketika hasil pemeriksaan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Kasmidi Bulang

Kasmidi Bulang mengaku tidak mengetahui tempat dirinya terpapar Covid-19. Tapi, diakuinya sebelum berangkat keluar kota, sudah melakukan rapid test dan hasilnya, non reaktif. Kemudian di luar kota, ia ke sebuah kantor salah satu partai pengusung, untuk koordinasi tentang pendaftaran hari ini. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status