NewsPemkab Kutai Kartanegara

Pembukaan Kukar Festival Budaya Nusantara 2024: Pesta Keragaman Budaya Indonesia

KLIKSAMARINDA – Ribuan masyarakat berbondong-bondong menyaksikan pembukaan Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 yang berlangsung meriah di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Senin 8 Juli 2024.

Acara pembukaan yang ditandai dengan Tari Massal Gema Budaya Nusantara menjadi awal dari rangkaian festival yang akan berlangsung hingga 13 Juli mendatang.

KFBN 2024: Wadah Keberagaman dan Persatuan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, yang membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, menyampaikan bahwa KFBN 2024 merupakan event unggulan Kukar yang kedua kalinya digelar.

“Festival ini tidak hanya wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan di tengah masyarakat Kukar pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” ujar Sekda Sunggono.

Tema KFBN tahun 2024 adalah “Kukar Berbudaya, Nusantara Jaya,” yang mencerminkan semangat melestarikan budaya lokal sekaligus memperkuat identitas nasional. Event ini merupakan rebranding dari Tenggarong Folk Art Festival (TIFAF) yang kini dikenal dengan sebutan KFBN.

Pembukaan KFBN 2024 ditandai dengan pemukulan gimar oleh Sekda Sunggono yang didampingi unsur Forkopimda. Acara dilanjutkan dengan penampilan tarian massal dan pertunjukan seni dari berbagai kelompok kesenian dan paguyuban yang tampil memukau di atas panggung.

Pelestarian Budaya dan Dampak Ekonomi

Sunggono menekankan pentingnya pelestarian budaya melalui event seperti KFBN. “Semua etnis terlibat dalam Kukar Festival Budaya Nusantara, bukan hanya silaturahmi melainkan sebagai penguatan budaya dan kesenian daerah menunjukkan Indonesia kaya akan budaya,” tuturnya.

Selain nilai budaya, KFBN 2024 juga diharapkan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Dengan adanya festival ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kukar diproyeksikan akan mengalami peningkatan signifikan.

Rangkaian Acara dan Partisipasi Masyarakat

Sebelum pembukaan resmi, Kirab Budaya telah digelar pada Minggu 7 Juli 2024 sebagai pembuka rangkaian KFBN 2024. Plt Kepala Dispar Kukar Sugiarto menjelaskan bahwa kirab diikuti oleh sekitar 42 kontingen dari berbagai kecamatan dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

“Kirab ini diikuti sekitar 42 kontingen, jadi beberapa kecamatan, kabupaten/kota turut hadir di sini,” kata Sugiarto. Meskipun sempat diguyur hujan, semangat peserta dan antusiasme masyarakat tidak surut.

Agenda dan Lokasi Acara

KFBN 2024 akan berlangsung hingga 13 Juli 2024 mendatang dengan berbagai acara yang tersebar di beberapa lokasi strategis:

1. Lapangan parkir Pulau Kumala
2. Taman Kota Raja
3. Lapangan Stadion Rondong Demang

Setiap hari, pengunjung dapat menyaksikan ragam kesenian daerah yang ditampilkan di lokasi-lokasi tersebut, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati kekayaan budaya nusantara.

Kukar Festival Budaya Nusantara 2024 tidak hanya menjadi ajang perayaan keragaman budaya Indonesia, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memperkuat identitas nasional dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya.

Dengan antusiasme tinggi dari masyarakat dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, KFBN 2024 diharapkan dapat menjadi teladan bagi penyelenggaraan festival budaya di daerah lain di Indonesia. (Adv/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status