Musim Elai Buah Khas Kalimantan Yang Mirip Durian Tapi Dagingnya Oranye

KLIKSAMARINDA – Ada banyak cara mengisi liburan akhir pekan. Satu di antaranya dengan berburu buah-buahan di lokal market.

Anda juga bisa mendatangi kebun buah-buahan saat musimnya tiba. Seperti yang berlangsung dalam akhir bulan Januari-awal Februari 2022 ini.

Di sejumlah kebun milik warga Kalimantan Timur (Kaltim) kini diketahui sedang panen buah elai. Anda yang ingin menikmati buah lokal khas Kalimantan ini bisa mendapatkannya di sepanjang jalan Trans Kaltim.

Pemilik kebun biasanya menjajalkan buah elai di tepi jalan. Warga bisa membelinya untuk oleh-oleh atau langsung mencoba menikmati elai di tempat.

Dari bekal informasi musim elai itu, warga berbondong-bondong mendatangi beberapa kebun warga yang memiliki pohon elai.

Seperti yang dilakukan sejumlah warga Samarinda, Ibu Kota Provinsi Kaltim. Mereka berburu buah elai langsung di kebunnya.

Satu kebun warga yang memiliki pohon elai dan didatangi warga adalah kebun Dewi Elay di KM 28, Jalan Soekarno-Hatta, jalur Samarinda Balikpapan. Kebun bernama Dewi elay menyediakan buah khas Kalimantan di lahan seluas 8 hektare.

Kebun Dewi Elai lokasinya di Taman Hutan Raya atau Tahura Bukit Suharto, Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara. Di sana, ada sekitar 400 pohon elai.

Para pengunjung bisa mencari buah elai yang sudah terjatuh dari pohonnya. Pengunjung bisa mencari elai jatuhan di sana. Tetapi, harus jeli memilih elai yang matang.

Pengalaman mencari buah elai di kebun menjadi unik dan menarik bagi para pengunjung. Seperti bagi Padholi, seorang warga Samarinda yang langsung mencari buah elai di kebun.

Ditemui Rabu, 2 Februari 2022, Padholi mengaku menikmati buah elai bagi warga sekitar justru bisa membantu kesehatan. Menurut Padholi, menikmati buah elai tidak perlu takut dengan efek bagi kesehatan.

“Sensasinya beda memang kalau dari pohon ini. Kita bisa pastikan matangnya itu sempurna. Karena jatuh dari pohon. Kalau yang dijual, bisa jadi karena diperam,” ujar Padholi.

Selain mencari dan mengumpulkan buah elai yang jatuh dari pohon, pengunjung juga bisa memperoleh tambahan buah elai yang sudah dipetik pemilik kebun. Buah elai yang sudah dikumpulkan oleh pemilik kebun rata rata dalam kondisi matang.

Menurut petani di Kebun Dewi Elai, Anur, mereka sengaja memberikan pelayanan untuk pengunjung yang ingin mencari sendiri buah elai di kebun.

Anur menyatakan bahwa hal itu menjadi bagian dari pelayanannya kepada pembeli. Anur juga berupaya memperkenalkan buah elai khas Kalimantan kepada para pengunjung.

“Kalau ada pengunjung datang dan menjelajah, istilahnya kalau dapat ada kepuasan sendiri. Jadi, sengaja kita kalau panen, panennya gak maksa. Yang benar-benar tua saja. Misalnya ada pengunjung, ada yang jatuh yang mateng di pohon bisa merasai buahnya dari pohonnya. Rasanya pun lebih mantap,” ujar Anur.

Tetapi Anur menyatakan bahwa panen elai tahun 2022 ini jauh berkurang dari tahun sebelumnya. Pasalnya, kerap terjadi hujan lebat di kawasan Tahura Bukit Suharto.

Hujan lebat itu membuat buah atau bibit buah hancur sehingga tidak bisa menjadi buah sempurna. PAkibatnya, produktivitas elai jauh menurun.

Tahun sebelumnya, satu pohon elai bisa berbuah hingga 150 buah. Tetapi tahun ini, setiap pohon hanya menghasilkan 50-75 buah.

Buah elai merupakan buah khas hutan Kaltim. Buah elai merupakan salah satu varietas unggulan untuk buah-buahan lokal.

Buah elai bentuknya mirip dengan buah durian. Kulitnya berduri dan berwarna kuning. Bentuk daging dan biji elai persis durian.

Yang membedakan elai dengan durian adalah warna, rasa, dan bau daging buah.

Jika warna durian umumnya adalah putih atau kuning, maka warna daging buah elai adalah oranye.

Rasa dan bau daging elai pun tak sepekat durian. Bau daging elai relatif bersahabat dengan penciuman.

Namun, setiap orang perlu pintar-pintar memilih buah elai yang matang. Buah elai matang diketahui bukan hanya dari bau yang khas.

Petunjuk buah elai matang juga diketahui dari warna kulit dan suara buah yang unik saat dipukul. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status