Mobil Tercebur ke Sungai Mahakam di Kawasan Pelabuhan Samarinda | KLIKSAMARINDA
News

Mobil Tercebur ke Sungai Mahakam di Kawasan Pelabuhan Samarinda

KLIKSAMARINDA – Sebuah unit mobil Avanza berwana putih dengan nomor polisi KT-1256-ZC tenggelam di Sungai Mahakam, Minggu pagi, 9 Agustus 2020. Menurut saksi mata yang merupakan tenaga sekuriti di Pelabuhan Konvensional Samarinda, Dian, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WITA pagi hari.

Menurut Dian, pukul 05.00 WITA, kendaraan mobil jenis Avanza KT-1256-ZC warna putih melintas di depan Pos Jaga Pelabuhan Konvensional dengan kecepatan tinggi. Saksi keluar dari pos jaga untuk mengecek kendaraan tersebut.

Namun, mobil tersebut terlihat langsung meluncur ke arah Dermaga Ujung dengan kecepatan tinggi dan langsung tercebur ke Sungai Mahakam. Petugas pun langsung menghubungi Tim Evakuasi untuk melakukan pengangkatan mobil dan melakukan penyeldikan terhadap insiden kecelakaan tersebut.

Petugas evakuasi mulai melakukan upaya pencarian titik kendaraan yang tercebur serta melakukan upaya evakuasi pengangkatan kendaraan mulai pukul 08.00 WITA. Sebelumnya, warga juga sempat melakukan penyelaman namun tidak menemukan titik kendaraan yang tenggelam.

“Tim melakukan pencarian di sekitar titik mobil tenggelam. Tadi sempat dilakukan penyelaman oleh warga. Dilanjutkan dengan penyelaman oleh Tim Basarnas dan aparat terkait,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Kelas A, Balikpapan, Melkianus Kotta, Minggu siang.

Dengan bantuan Tim Penyelam dari Basarnas dan Sar Brimob Polda Kaltim serta jajaran Polsek KP3 Pelabuhan Samarinda, upaya evakuasi mulai dilakukan. Proses evakuasi mobil menggunakan crane milik PT. Pelindo 4 Samarinda.

Petugas evakuasi berhasil mengangkat mobil tersebut sekitar pukul 11.00 WITA. Dari dalam mobil, petugas menemui barang-barang berupa gitar, alat pancing, hingga uang kertas dan beberapa kartu identitas. Kondisi mobil bagian depan pun tampak rusak dan bagian kaca sebelah kanan pecah.

Mobil Avanza yang berhasil dievakuasi Minggu 9 Agustus 2020 (Foto: Dok. Inafis Polresta Samarinda)

Kasi Ops dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Oktavianto, menjelaskan, saat pemeriksaan dalam kendaraan tidak ada satu orang pun ditemukan.

Point of View:  Kasus Orang Tanpa Gejala Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaltim Naik 37 Persen

“Mobil sudah terangkat. Kondisi mobil masih dalam keadaan kosong. Sementara saksi korban atau saksi mata yang melaporkan kejadian ini adalah dalam posisi mabuk, tapi tetap kita pastikan lagi apakah benar ada tiga orang penumpang lainnya atau tidak.” ujar Oktavianto Minggu siang.

Diketahui kemudian, mobil tersebut dikemudikan oleh Joshua Tarihoran (22 tahun), warga Perum Rapak Dalam, Blok D2, Nomor 03 RT 26, Kelurahan Rapak Dalam, Samarinda Seberang. Joshua mengemudikan kendaraan atas nama pemilik PT. Adi Sarana Armada beralamat di Jalan MT Haryono, Nomor 75, RT 24, Kelurahan Damai, Balikapapan.

Joshua Tarihoran

Dari pengakuan Joshua, mobil tersebut mengangkut 3 orang dan semuanya dalam keadaan mabuk saat tercebur. Saat itu, dirinya selamat dari kecelakaan tersebut. Saat ini, Joshua masih dalam proses pemeriksaan oleh tim Inafis Polresta Samarinda. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status