KLIKSAMARINDA | Legislator Samarinda Pantau Banjir dari CCTV
News Parlementaria

Legislator Samarinda Pantau Banjir dari CCTV

KLIKSAMARINDA – Wakil Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Samri Shaputra bersama Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, M Novan Syahronny melakukan kunjungan ke Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda. Kunjungan ini bertujuan memantau langsung titik banjir di jalan raya Kota Tepian yang terjadi pada Selasa, 14 Januari 2020, melalui closed circuit television (CCTV).

Menerima kunjungan tersebut, Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah. Dayat, sapaan akrabnya, langsung memberikan paparan terkait hasil pantauan titik banjir pada CCTV yang tersebar di wilayah Samarinda. Tercatat, kini di Samarinda sudah terpasang 26 titik Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di seluruh ruas jalan protokol dan taman kota, sehingga kegiatan lalu lintas sudah bisa dipantau lewat Command Center.

Menurut Samri Shaputra, agenda kunjungan ini sekaligus mengetahui titik banjir yang perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Hasil kunjungan ini antara lain akan menjadi rekomendasi dalam penanganan banjir ke depan.

“Peninjauan ini untuk memantau banjir. Tujuannya untuk mengetahui titik banjir di mana saja, untuk kemudian ditanggulangi,” ujar Samri.

Samri menegaskan berawal CCTV untuk mengetahui lokasi banjir. Sehingga, peninjauan melalui CCTV ini mempermudah penentuan titik penanganan banjir dan pekerjaan lebih terukur.

“Di titik mana saja banjirnya baru action. Artinya TKP perlu diketahui baru penanganan. Sama halnya dengan kebakaran, kan perlu tau dulu lokasi kebakaran baru menurunkan pemadam. Semua perlu menejemen terukur. Bukan kerja buta tampa tujuan,” ujar Samri.

Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, M Novan Syahronny menyebut banjir juga diakibatkan curah hujan yang tinggi. Tak Cuma Samarinda. Tapi juga daerah lainnya di Kaltim.

“Sejauh ini, upaya Pemkot Samarinda untuk menanggulangi banjir sudah dilakukan. Namun, upaya pencegahan dan penanggulangan tetap menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak. Antara lain, bersama masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan kota dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Novan. (*)

DMCA.com Protection Status