Festival Mahakam Samarinda Batal Digelar Karena Pandemi Covid-19 | KLIKSAMARINDA
News

Festival Mahakam Samarinda Batal Digelar Karena Pandemi Covid-19

Lomba renang di Sungai Mahakam

KLIKSAMARINDA – Warga Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun 2020 ini tak akan merasakan kemeriahan Festival Mahakam. Pasalnya, Pemerintah Kota Samarinda resmi membatalkan gelaran Festival Mahakam tahun 2020.

Alasan pembatalan event akbar tahunan yang menjadi kalender event Kementerian Pariwisata dengan mempertimbangkan Protokol Kesehatan Covid-19. Pembatalan Festival Mahakam Samarinda 2020 ini sekaligus menjadi yang pertama kali sejak festival ini digelar pada tahun 1999 silam.

Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Charuddin mengungkapkan acara Festival Mahakam mengumpulkan banyak massa. Karena itu, festival tahunan ini lebih baik ditunda mengingat jumlah kematian Covid-19 di Kota Samarinda terus meningkat.

“Kalau ini memang tujuannya mempromosikan Kota Samarinda paling tidak kita harus kreatif, tidak harus mengumpulkan orang banyak. Masukan dari saya, lebih baik mengadakan lomba dengan beberapa konten-konten kreatif via video online vlog-vlog,” ujar Sugeng Chairuddin saat memimpin Rapat Virtual Koordinasi Agenda Kegiatan Festival Mahakam, Senin siang, 21 September 2020.

Kabag OPS Polresta Samarinda, Erick Budi Susanto juga menambahkan, seharusnya acara Festival Mahakam ditunda. Pasalnya, Kalimantan Timur sekarang telah memasuki daerah 3 besar yakni angka kematian Covid-19 terbanyak setelah DKI Jakarta dan Bali.

Point of View:  BNNP Kaltim Musnahkan 2 Kg Narkoba Dengan Blender

“Saya sependapat seperti Pak Sekda katakan apabila acara Festival Mahakam ini ditunda atau dibatalkan untuk mencegah lebih jauh virus Covid-19,” ujar Erick.

Selanjutnya di akhir rapat Sekda mengintruksikan kepada Dinas Pariwisata untuk membuat surat kepada Walikota dan kepada Instansi-instansi terkait bahwa sudah diputuskan acara Festival Mahakam ditunda sampai masa pandemi ini berakhir.

Hadir dalam rapat virtual tersebut Assisten I Tejo Sutarnoto, Kepala Dinas Satpol PP Muhammad Darham, Kepala Dinas Pariwisata I Gusti Ayu Sulistiani, Sekretaris BPKAD Dicky. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status