Clicky

Diskominfo Kaltim Minta Organisasi Media Lakukan Pengembangan Diri

KLIKSAMARINDA – Serikat Media Siber Indonesia SMSI Kaltim melangsungkan Lokakarya Media Siber. Lokakarya Media ini bertema Menuju Media Terverifikasi Administrasi.

Ketua SMSI Kaltim, Abdurrahman Amin menyatakan, saat ini SMSI Kaltim terus melakukan proses verifikasi administrasi media siber. Beberapa di antaranya telah terverifikasi faktual.

”Kegiatan ini menjadi penting dan menjadi masukan bagi media untuk menjadi media yang terverifikasi di Dewan Pers. Media terverifikasi Dewan Pers akan menjamin mutu dan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat,” ujar Abdurrahman Amin saat sambutan pada pembukaan lokakarya yang berlangsung Rabu, 28 April 2021 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Jalan Basuki Rahmat Samarinda.

Abdurrahman Amin menyampaikan, dari data yang diinput 53 media online 35 media d anstaranya resmi sisanya mash dalam proses berdasarkan persyarakatan pers berakta perusahaan khusus pers dan memilik wartawan yang tersertifikasi utama.

”Dari 23 anggota, 4 di antaranya sudah terverifikasi administrasi. Nanti Juni atau Juli akan melakukan verifikasi faktual aecara kolektif. Mudahan akan muncul lagi beberapa media secara adminsitratif, ujar Abdurrahman Amin.

Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal menekan pentinganya rganisasi ntukmelakukan pembinaan dan pengembangan diri. Baik bagi kepentingan usaha media online maupun bagi para anggotanya.

”Tak hanya organisasinya, tapi juga para awak yang ada di dalamnya. Supaya berkembang sama-sama. Organisasi itu tidak akan terasa kalau manfaatnya tidak dirasakan oleh anggota. Kalau hanya pengurunya saja yang merasakan, organisasi hanya jadi pengurusan saja,” ujar Muhammad Faisal.

Muhammad Faisal juga menyampaikan bahwa pemerintah akan tetap memegang prinsip berhubungan dengan organiasi dalam melakukan kerjasama. Sehingga hasilnya akan objektif dan sesuai regulasi.

”Kami di pemerintah secara prnsip akan memegang organisasi. Rekomendasi yang didapat juga dari organisasi. Kalau dari media saja, akan bias,” ujar Muhammad Faisal.

Kegiatan ini diikuti seluruh anggota SMSI Kaltim baik secara langsung maupun virtual. Hadir ebagai narasumber Ketua SMSI Firdaus. (*)

DMCA.com Protection Status