Clicky

Cek Data Penerima Bansos Yang Cair Awal Mei

KLIKSAMARINDA – Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengganti alamat website untuk mengecek penerima bantuan sosial (bansos). Kini, masyarakat bisa mengecek status penerimaan bansos melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah telah melakukan pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial agar penerima Bansos lebih tepat sasaran lagi.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Rabu 21 April 2021 melalui keterangan tertulis.

Dalam proses meningkatkan integritas DTKS ini, Kemensos berkoordinasi dengan berbagai pihak, salahsatunya BPKP.

Kemensos juga telah menonaktifkan lebih kurang 21 juta data ganda.

“Kita melakukan pengontrolan data. Jadi kami kemarin sudah berkomunikasi dengan BPK, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian, kami menidurkan 21,156 juta data,” ujar Risma.

Ke depan, New DTKS akan ditetapkan sekurangnya setiap bulan guna memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Data New DTKS tersebut dapat diakses oleh publik melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id/. Melalui laman ini data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses dapat diakses oleh siapa saja.

Semoga dengan upaya ini, pemerintah semakin memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial

Bantuan sosial dari pemerintah BST, BPNT, PKH dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, berikut cara mengeceknya. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status