NewsPemkot Samarinda

Curah Hujan Tinggi di Samarinda, Wali Kota Minta Warga Waspada Banjir dan Tanah Longsor

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun memberikan peringatan kepada seluruh warga Samarinda terkait potensi curah hujan tinggi dalam seminggu ke depan.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Samarinda diprediksi akan mengalami curah hujan yang signifikan.

Curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir mulai menyebabkan banjir di 20 lokasi berbeda. Kondisi ini diperparah dengan insiden tragis seorang anak yang terseret arus di Loa Bakung dan meninggal dunia.

“Kami mengimbau seluruh keluarga di Samarinda untuk mempersiapkan diri menghadapi curah hujan tinggi yang diprediksi oleh BMKG. Situasi ini memerlukan kewaspadaan dan tindakan mitigasi yang serius,” kata Andi Harun pada Senin 10 Juni 2024.

Andi Harun menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman banjir.

“Mitigasi bencana bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga membutuhkan kerja sama dan pemahaman dari masyarakat. Setiap minggu, pemerintah bersama warga melakukan gotong royong untuk membersihkan sumbatan di drainase di berbagai lingkungan,” jelasnya.

Ia mengatakan, penanganan banjir di beberapa wilayah Samarinda telah menunjukkan hasil positif. Namun, tantangannya masih ada.

“Banjir masih terjadi di beberapa titik karena curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, berdasarkan analisis geologi dan prediksi BMKG, kita harus meningkatkan kewaspadaan. Kita perlu berhati-hati dan menjaga keluarga kita,” ucapnya.

Ia juga menginstruksikan seluruh level pemerintahan kota untuk siaga.

“Saya telah meminta seluruh dinas hingga kecamatan dan kelurahan untuk bersiaga menghadapi curah hujan tinggi ini. Kita juga harus mengantisipasi dampak lain seperti tanah longsor,” ujarnya.

Selain langkah-langkah mitigasi, ia juga mengajak para tokoh agama dan seluruh masyarakat untuk berdoa agar Samarinda tetap aman.

“Kita semua berharap dan berdoa agar curah hujan tinggi ini tidak membawa bencana. Mari kita tingkatkan kewaspadaan, persiapkan segala sesuatu dengan baik, dan tetap berdoa untuk keselamatan kita semua,” pungkasnya. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status