Clicky

Catat, Muara Badak Kaltim Mampu Ekspor Lidi ke Luar Negeri

KLIKSAMARINDA – Sebanyak empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan ekspor lidi dari nipah dan kelapa sawit ke Kanada. Keempat BUMDes tersebut semuanya berada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim.

Keempat BUMDes tersebut antara lain BUMDes Bina Mandiri di Desa Muara Badak Ulu, BUMDes Karya Prima di Desa Salo Palai, BUMDes Maranu di Desa Batu-Batu, dan BUMDes Mekar Sejati di Desa Saliki.

Lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang akan diekspor itu berjumlah 25 ribu ton. Ekspor perdana ini akan berlangsung dalam momentum peluncuran event penguatan ekonomi nasional Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim 2021 secara virtual melalui pemutaran video proses ekspor di Pelabuhan Peti kemas Palaran, 12 Oktober 2021.

“Total lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang siap diekspor ke Kanada di tahap awal ini sekitar 25 ton. Ekspor komoditi ini akan terus berlanjut secara berkala, bahkan ke depan pasarnya akan dikembangkan hingga ke India dan Bangladesh,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin belum lama ini.

Ekspor lidi dari nipah dan kelapa sawit ke Kanada tersebut diharap menjadi langkah awal memacu ekonomi desa. Masyarakat perajin menjual lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang sudah dikeringkan ke BUMDes dengan harga di kisaran Rp 2 ribu. Kemudian BUMDes mengumpulkan dan disetor ke eksportir yang sudah melakukan perjanjian kerja sama. Eksportir yang sudah melakukan perjanjian dengan empat BUMDes tersebut adalah CV Masagenah Group.

DMCA.com Protection Status