Clicky

BKD Kaltim Gandeng Vendor Ternama Tingkatkan Pelayanan

Tim assessor dan psikolog UPTD PKP saat simulasi, try out dan evaluasi SI manajemen assessment center didampingi konsultan vendor

KLIKSAMARINDA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur menetapkan diri sebagai lembaga yang memiliki komitmen terhadap peningkatan pelayanan. Upaya tersebut antara lain dengan melakukan langkah terobosan dengan membangun Sistem Informasi (SI) manajemen assessment center pada UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP).

BKD Kaltim membangun Sistem Informasi (SI) manajemen assessment center pada UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) ini bekerjasama dengan salah satu vendor ternama di bidang Teknologi Informasi di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20 Mei 2021 di Hotel Swisbell inn Tunjungan Surabaya itu melibatkan para tenaga assessor dan psikolog UPT PKP BKD Kaltim didampingi pihak konsultan vendor.

“Semoga ini menjadi bagian dari rencana kita dalam rangka melakukan pembenahan layanan agar semakin baik terutama pada penerapan layanan yang berbasis teknologi,” ujar Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah saat hadir pada monitoring dan evaluasi SI manajemen assessment center UPTD PKP di Hotel Swiss Bellin Tunjungan, Surabaya, pada Kamis 20 Mei 2021.

Selain SI manajemen assessment center UPTD PKP menjadi bagian dari pengembangan kapasitas layanan kepegawaian, BKD Kaltim juga fokus melakukan upaya-upaya terhadap pengembangan kompetensi, dengan pengujian yang berbasis elektronik dan tidak lagi manual.

Menurut Diddy Rusdiansyah, upaya membangun SI UPTD PKP termasuk bagian dari upaya persiapan manajemen talenta (talent pool) yang saat ini banyak digaungkan oleh berbagai macam organisasi.

Manajemen talenta merupakan upaya untuk memahami talenta seorang pegawai yang sesuai dan selaras dengan SDM.

“Talent pool itu akan kita lakukan, salah satunya dari sini (sistem) dulu kita benahi, insyaallah tercapai tergantung konsistensi perencanaan kita,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Diddy Rusdiansyah menambahkan, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk memenuhi akreditasi UPTD PKP.

Kepala UPTD PKP, Yuli Fitriyanti mengatakan, SI tersebut masih baru dibangun Saat ini, SI masih sedang dalam tahap evaluasi maupun penyempurnaan dengan didampingi pihak konsultan.

“Ini masih baru, akan terus dikembangnkan nantinya. Saat ini kami masih try out dan mengevaluasi, sehingga aplikasi ini layak digunakan dan valid,” ujar Yuli Fitriyani.

Dengan SI manajemen asseesment center/UPT PKP ini akan lebih banyak membantu kegiatan manajemen asseesment, diantaranya mengelola pembagian tugas asessor, mengatur jadwal, mengatur assessi, dan ujian secara online. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com