Banjir Balikpapan, Warga Dievakuasi

Banjir di Balikpapan, Kaltim, Rabu 16 Maret 2022. (Foto: dok)

KLIKSAMARINDA – Sejumlah titik di kawasan Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami banjir. Antara lain, banjir yang melanda kawasan Kampung Timur, Balikpapan Utara.

Banjir terjadi usai hujan mengguyur Kota Balikpapan sejak Rabu dini hari, 16 Maret 2022. Dampak banjir tersebut, warga menutup Jalan Indrakila, Kampung Timur, Balikpapan Utara.

Seorang warga RT 31, Kelurahan Gunung Samarinda, Supangat menyatakan, banjir terjadi sejak pukul 03.00 WITA. Akibatnya, aktivitas warga terhambat karena jalan utama di Kampung Timur tertutup air setinggi 60 centimeter.

“Ini air naik sejak pukul 03.00 Wita tadi. Yang jualan langsung bawa barang-barangnya. Pindah ke tempat yang aman,” ujar Supangat.

Warga juga menutup jalan lalu lintas kendaraan agar mencegah gelombang air masuk ke dalam rumah. Warga mengalihkan lalu lintas kendaraan ke jalan trotoar pertokoan di sisi seberang.

“Kita tutup. Kalau tidak begini, airnya masuk dan warung-warung bisa rubuh. Dilewatkan sementara ke sana sampai air surut,” ujar Supangat.

Bukan hanya menutup jalan utama Kampung Timur, banjir juga menutup akses jalan warga di sejumlah RT. Kendaraan milik warga yang belum sempat dipindahkan juga terlihat terendam air.

“Ada mobil yang belum sempat dipindahkan. Dibiarin aja karena takutnya kalau dikeluarkan malah celaka. Arus air deras sekali,” ujar Supangat.

Petugas SAR Balikpapan, Himalaya Wardani menyatakan, banjir di Balikpapan hingga Rabu pagi meliputi kawasan Jalan Beler MT Haryono dan kawasan Jalan Mulawarman.

“Ada 34 titik genangan air yang terjadi pagi hari ini. Saat ini kami evakuasi warga yang kesulitan, khususnya ibu-ibu dan anak-anak,” ujar Himalaya.

Menurut Himalaya, air yang merendam beberapa kawasan Balikpapan berkisar 90 centimeter hingga 120 cm. Hingga Rabu pagi sekitar pukul 11.00 WITA, ketinggian air sudah mulai surut. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com