NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Tekankan Disiplin ASN Pascalibur Lebaran

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun menekankan pentingnya menjaga kedisiplinan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda pascalibur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Ia meminta seluruh pimpinan OPD untuk melaporkan kondisi kehadiran pegawai.

“Melalui grup Pemkot, saya minta seluruh pimpinan OPD, Sekda, asisten hingga kecamatan dan kelurahan untuk memantau kondisi kedisiplinan pegawai terkait kehadiran dan ketidakhadiran,” ujar Andi Harun, Selasa 16 April 2024, usai acara silaturahmi dan Halal Bi Halal Pemkot Samarinda.

Wali kota Andi Harun mengapresiasi pegawai yang hadir dengan disiplin pasca-libur lebaran. Namun bagi yang tidak masuk kantor, harus menyertakan alasan yang dibenarkan aturan.

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan edaran dengan dua opsi, yakni bekerja dari rumah (WFH) secara bergantian 50 persen pada 16-17 April, atau bekerja dari kantor (WFO) 100 persen.

“Dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, disebutkan bahwa terdapat dua pilihan bagi pegawai, yaitu bekerja dari rumah (work from home/WFH) selama 16-17 Mei dengan sistem rotasi 50%, atau bekerja dari kantor (work from office/WFO) 100%,” jelasnya.

Meski mengutamakan laporan pimpinan OPD, Wali Kota tidak menutup kemungkinan melakukan inspeksi mendadak (sidak) jika diperlukan guna memastikan kedisiplinan ASN.

“Kami pertimbangkan sidak jika perlu, tapi yang terpenting laporan lengkap dan akurat dari pimpinan OPD. Dengan begitu, kedisiplinan ASN tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Arahan tegas Andi Harun ini untuk memastikan semua ASN menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab setelah menikmati libur panjang Lebaran.

Pemerintah berharap aktivitas pelayanan publik bisa segera berjalan normal secara maksimal. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status