NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Resmikan Taman Lalu Lintas Edukatif di Kelurahan Karang Anyar

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun meresmikan fasilitas baru untuk warga, yakni Taman Lalu Lintas. Letaknya di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang.

Peresmian dilakukan di Kantor Kelurahan Karang Anyar Jalan MT Haryono RT. 15, pada Kamis 14 Desember 2023, pagi. Hadir dalam acara itu Area Manager Comm, Relations & CSR Kalimantan dari PT Pertamina Patra Niaga, Arya Yusa Dwicandra serta sejumlah pejabat Pemkot Samarinda.

Wali Kota Andi Harun menjelaskan, taman lalu lintas ini bukan sekadar taman biasa. Selain sebagai area rekreasi warga, fasilitas seluas 500 meter persegi ini juga difungsikan sebagai tempat edukasi lalu lintas.

Khususnya bagi pelajar, agar mereka sedini mungkin memahami tata tertib dan rambu-rambu lalu lintas. Serta turut menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Tidak hanya sebagai tempat edukasi, taman ini juga dijadikan alternatif oleh kantor lurah yang berlokasi cukup jauh. Saya menekankan pentingnya menjaga kondisi lingkungan yang hijau, membuatnya menjadi area yang nyaman dan bersahabat bagi masyarakat,” ujar Wali Kota Andi Harun usai meresmikan.

Menurut Wali Kota Andi Harun, edukasi yang berkaitan dengan aktivitas berlalulintas di Kota Samarinda memiliki peran penting dalam membentuk karakter warga. Termasuk menumbuhkan kesadaran soal kebersihan lingkungan dan sosial.

“Pendidikan berlalu lintas sejak dini dan kebersihan adalah investasi untuk masa depan kota ini,” imbuh Wali Kota Andi Harun.

Sementara itu, Arya Yusa Dwicandra selaku perwakilan PT Pertamina Patra Niaga mengapresiasi terwujudnya Taman Lalu Lintas Karang Anyar. Menurutnya, pembangunan fasilitas umum ini tak lepas dari peran CSR perusahaan minyak pelat merah tersebut.

Arya Yusa Dwicandra menyebut, taman lalu lintas ini merupakan wujud nyata program lima tahunan Pertamina Patra Niaga di Kota Samarinda. Ke depannya, program senada akan terus berlanjut dan disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat.

“Revitalisasi ini merupakan wujud nyata program kami selama lima tahun ke depan, dengan tetap berlanjut dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar,” papar Arya Yusa Dwicandra.

Taman Lalu Lintas seluas setengah hektare ini terbuka untuk umum, tak hanya kalangan pelajar saja. Menurut Arya, pembangunan fasilitas serupa bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan warga sekitar.

“Melalui inisiatif ini, diharapkan akan tumbuh generasi yang peduli terhadap lalu lintas, kebersihan, dan lingkungan, menciptakan kota yang lebih aman, sehat, dan berdaya. Program-program berkelanjutan yang terus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat menjadi kunci kesuksesan pembangunan ini,” ujar Arya Yusa Dwicandra.

Dengan berdirinya Taman Lalu Lintas Karang Anyar ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan edukasi warga Kota Samarinda soal tertib berlalu lintas. Serta turut menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal mereka. (Pia)

Back to top button
DMCA.com Protection Status