Fokus News

Update Covid-19 Kaltim, Pasien Sembuh dan PDP Negatif Bertambah

KLIKSAMARINDA – Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) masih dinamis. Hingga Sabtu 9 Mei 2020, angka pasien dengan pengawasan (PDP) terus mengalami peningkatan.

Meski begitu, berdasarkan hasil uji sample Swab di Laboratorium Kesehatan Surabaya, 9 pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim, dinyatakan sembuh. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak melalui aplikasi Zoom mengatakan 9 pasien dinyatakan sembuh berdasarkan hasil Swab dua kali negatif.

“Selain dua kali negatif, juga berdasarkan pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik. Tidak ada gejala,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Kasus Covid-19 yang terkonfirmasi sembuh datang dari kota Balikpapan sebanyak 7 kasus, yakni BPN 4 laki-laki 37 tahun merupakan bagian dari kluster Workshop tanpa riba Bogor yang telah dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 14 Maret 2020. BPN 09 Wanita 50 tahun merupakan bagian dari Kluster Sinode yang telah dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 20 maret 2020.

Dua kasus lainnya yakni BPN 11 wanita 53 tahun dan BPN 12 Laki-laki 57 tahun pasangan suami istri merupakan salah satu transmisi lokal di Balikpapan dengan kluster Sinode yang telah dirawat di RSUD Beriman sejak 22 Maret 2020. BPN 15 Laki-laki 65 tahun merupakan bagian dari kluster Tasikmalaya yang telah dirawat di RS Hermina Balikpapan sejak 27 Maret 2020. BPN 19 Wanita 46 tahun merupakan bagian dari kluster Tasikmalaya yang telah di rawat di RSUD Kanudjoso Djatiwiboso Sejak 3 April 2020. BPN 24 Laki-laki 46 tahun merupakan kasus yang kontak erat dengan BPN 21, telah dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 11 April 2020.

Kemudian kasus sembuh juga datang dari Kutai Barat yakni KBR 1 Laki-laki 21 tahun merupakan kasus berasal dari kluster Gowa yang telah dirawat di RS Pratama Kutai Barat.

Kasus sembuh terakhir dari Kutai Timur adalah KTM 7 Wanita 17 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Jogjakarta yang dirawat di RSUD Kudungga sejak 7 April 2020.

Kasus sembuh ini diharapkan disikapi dengan baik oleh masyarakat Kaltim dan optimis agar tetap berada di rumah menunggu para pasien yang terkonfirmasi positif bisa sembuh seluruhnya.

“Jadi hingga hari ini total pasien Covid-19 yang sembuh 31 kasus. Hal ini tentu menggembirakan, seiring meningkatnya kasus positif, tetapi disatu sisi juga terjadi penambahan pasien yang sembuh. Yang memang selama perawatan mengikuti anjuran dari dokter dan perawat,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Sementara jumlah PDP yang terkonfirmasi hasil negatif berdasarkan hasil uji Swap yang dilakukan Laboratorium kesehatan Surabaya berasal dari Samarinda sebanyak 4 kasus yang seluruhnya merupakan Claster Gowa.

Kutai Timur ada 2 kasus Yakni laki-laki 6 tahun dan 26 tahun merupakan PDP yang telah di rawat di RSUD Kudungga sejak 24 April 2020.

Kasus lainya ada di Balikpapan dan Kutai Barat yang masing masing menyumbang satu pasien negatif. (Jie)