Tiga Nominator KIPP 2020 dari Kalimantan Timur | KLIKSAMARINDA
News

Tiga Nominator KIPP 2020 dari Kalimantan Timur

KLIKSAMARINDA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Tim Panel Independen telah mengumumkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020. Seluruh inovasi terpilih tersebut dihasilkan melalui penilaian proposal oleh Tim Evaluasi yang selanjutnya dilakukan FGD Penentuan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus oleh Tim Panel Independen KIPP 2020.

Inovasi terpilih itu tertuang pada Surat Pengumuman No: B/153/PP.00.05/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemda, BUMN, dan BUMD Tahun 2020. Instansi pemerintah yang berhasil masuk daftar Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 terdiri dari 11 kementerian, 9 lembaga, 9 pemerintah provinsi, 42 pemerintah kabupaten, dan 15 pemerintah kota. Sedangkan instansi pemerintah yang berhasil masuk daftar 15 Finalis Kelompok Khusus KIPP 2020 terdiri dari 1 kementerian, 1 lembaga, 3 pemerintah provinsi, 4 pemerintah kabupaten, 4 pemerintah kota, dan 1 BUMN.

KIPP 2020 mengusung tema Transfer Pengetahuan untuk Percepatan Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka Mendukung Terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Indonesia Maju. Berbeda dengan penyelenggaraan KIPP tahun sebelumnya, KIPP 2020 membagi peserta menjadi tiga kelompok, yaitu Kelompok Umum, Kelompok Replikasi dan Kelompok Khusus. Bagi Kelompok Umum dan Kelompok Replikasi akan menghasilkan Top 99 dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020. Sedangkan bagi Kelompok Khusus, akan diperoleh 15 Finalis dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020.

Kalimantan Timur (Kaltim) menempatkan 3 nominator dalam KIPP 2020. Antara lain, dua di Tingkat Provinsi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Ojol Berlian (Ojek Online Bersama Lindungi Anak) dan Pangan Halal Untuk Kalimantan Timur (Pahala untuk Kaltim). Sementara satu lagi dari Tingkat Kabupaten Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara berjudul Kelola Listrik Komunal Muara Eenggelam(KLIK ME).

Point of View:  Usai 14 Hari Jalani Isolasi di Hotel, Mahasiswa Kukar Dipulangkan

Salah satu program inovasi yang terpilih ke dalam Top 99 itu adalah proyek perubahan yang digagas Dinas Kependudukan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A), yaitu inovasi Ojek Online Bersama Lindungi Anak (Ojol Berlian).

Ojol Berlian merupakan mekanisme yang dibangun untuk menanggulangi permasalahan kekerasan terhadap anak, perempuan dan penyandang disabilitas di Kota Samarinda, khususnya layanan jasa transportasi online yang melibatkan rider maupun driver. Sehingga para rider dan driver online menjadi agen pelopor dan pelapor segala tindak kekerasan terhadap anak yang terjadi di sekitarnya.

Ojol Berlian menjadi salah satu inovasi yang terpilih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang dinilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).

Menurut Kepala DKP3A Kaltim Hj Halda Arsyad pencapaian tersebut berkat kerja semua pihak, tak terkecuali kreativitas Siti Mahmudah Indah Kurniawati, reformer inovasi tersebut. Halda Arsyad mengatakan Kaltim berhasil masuk Top 99 urutan ke-38 dari 99 peserta terpilih.

“Diharapkan membantu program perlindungan anak memanfaatkan Ojol,” ujar Halda Arsyad Jumat 19 Juni 2020 melalui rilis Humas Pemprov Kaltim.

Menurut Halda Arsyad, perolehan ini memotivasi seluruh ojol untuk peduli terhadap pentingnya perlindungan bagi anak. Dia berharap program ini terus terlaksana dengan baik dan lancar.

KLIK Link Pengumuman Top 99 (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status