Clicky

Speedboat Terbalik di Nunukan, 5 Orang Meninggal

KLIKSAMARINDA – Sebuah kecelakaan kapal terjadi di perairan Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Senin 7 Juni 2021 pada pukul 13.28 WITA.

Dalam laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tarakan, kecelakaan kapal itu mengakibatkan satu unit speedboat SB Ryan terbalik. Jumlah manifes penumpang atau person on board (POB) 30 orang.

Speedboat itu awalnya bertolak dari Kota Tarakan menuju Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan. Namun ketika berada di perairan Desa Pelaju Sembakung, speedboat SB Ryan terbalik akibat terkena pusaran arus yang deras. Pusaran itu muncul diduga akibat banjir yang melanda Desa Sembakung beberapa hari lalu.

“Kantor SAR Tarakan menerima informasi kecelakaan speedboat tersebut pukul 14.00 WITA. Dan langsung memberangkatkan 1 tim rescue menuju Last Know Positions (LKP) pukul 14.17 Wita dengan jarak 39,19 nautical mile (NM),” ujar Kepala Kantor SAR Tarakan, Amiruddin A.S, S.Sos, melalui keterangan tertulis.

Amiruddin menambahkan, speedboat SB Ryan terbalik akibat pusaran air cukup kencang. Ketika speedboat melintasi area tersebut haluannya masuk ke dalam air yang mengakibatkan terbalik.

Tim rescue Basarnas Tarakan langsung melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bulungan, Polairud Bulungan dan Polair Polda Kaltara. Estimasi perjalanan tim menggunakan 1 unit RIB 01 menuju lokasi sekitar 2 jam 30 menit dengan heading 315 derajat.

Kecepatan angin saat ini mencapai 3 hingga 12 knots dengan tinggi gelombang 0,5 meter dan arah angin barat laut-timur laut.

Dalam POB 30 orang penumpang, dinyatakan selamat 24 orang. Sedangkan 5 orang meninggal dunia dan 1 penumpang masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status