SMPN 35 Samarinda Luncurkan Sistem Aplikasi Pendidikan Berbasis Android – KLIKSAMARINDA
News

SMPN 35 Samarinda Luncurkan Sistem Aplikasi Pendidikan Berbasis Android

KLIKSAMARINDA – Siapa bilang pendidikan di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tak mengikuti perkembangan teknologi? Faktanya, tak begitu. Satu sekolah bahkan mampu melahirkan teknologi berbasis android untuk mendukung pembelajaran dan update informasi di tengah pandemi Covid-19.

Sekolah tersebut adalah SMP Negeri 35 Samarinda. Pada Senin, 24 Agustus 2020, SMP Negeri 35 Samarinda meluncurkan program aplikasi pendidikan berbasis android. Sekolah ini menjadi satu-satunya dan yang pertama meluncurkan program berbasis andorid ini.

Aplikasi ini bukan sekadar web viewer tapi merupakan aplikasi hybrid. Aplikasi Hybrid adalah aplikasi mobile yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman web dengan bantuan SDK native dari platform Android, iOS, dan lainnya.

Sekolah yang terletak di Jalan Pirus, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota ini meluncurkan platform berbasis Android yang resmi terdaftar di Google Play Store.

Menurut Kepala SMP Negeri 35 Samarinda, Dini Indriani, aplikasi hybrid ini adalah perpaduan antara aplikasi berbentuk native dan web dalam desain dan juga penggunaannya. Makanya, aplikasi hybrid juga bisa dikembangkan untuk keperluan data dan informasi daring.

“Nantinya, aplikasi ini akan kami update, sehingga bisa menyajikan sejumlah data misalnya jumlah siswa,” ujar Dini Indriani.

Ia menyampaikan pula, dengan aplikasi ini maka jika ingin mengakses website sekolahnya www.smpn35samarinda.sch.id, tak perlulagi membuka browser dan mengetik alamat link-nya di sini.

Pada acara syukuran Peluncuran System Aplikasi Berbasis Android di SMPN 35, hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, kabid PSMP, Barlin Kesuma. Barlin Kesuma menyambut baik usaha pembaharuan dan inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Acara Syukuran Peluncuran aplikasi pendidikan di SMP Negeri 35 Samarinda, Senin 24 Agustus 2020 (Foto: Dok)

Di bawah kepemimpian Ibu Dini Indriani, SMP 35 telah mengalami kemajuan yang sangat baik. selain di bidang pendidikan dan pengajaran juga sarana prasana sekolah. Tepat tanggal 20 Agustus 2020 bersama 1 Muharram 1442 H. telah di launching penggunaan system aplikasi berbasis android, yang pertama kali dan satu satunya sekolah di Samarinda.

Barlin Kesuma berharap aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak dalam mengakses semua infomasi, baik guru, murid, dan masyarakat umum serta menjadi gelombang pembangkit semangat baik sekolah sekolah lain. (*)

DMCA.com Protection Status
%d blogger menyukai ini: