Clicky

Sidak Mall di Samarinda, Aparat Temukan Produk Makanan Bermasalah

KLIKSAMARINDA – Kebutuhan masyarakat terhadan bahan pokok makanan saat Ramadan dan Jelang Hari Raya Idulfitri terus meningkat. Namun, peningkatan tersebut perlu dibarengi oleh kualitas bahan makanan agar tetap memenuhi standard konsumsi.

Karena itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui instansi teknis terkait bersama instansi vertikal, melakukan inspeksi mendadak (siidak) dalam rangka pengawasan khusus peredaran bahan pokok masyarakat.

Sidak berlangsung Senin, 26 April 2021 di Supermarket Robinson, Samarinda Square, dan Foodmart Mall Lembuswana.. Sidak ini untuk memonitor kualitas komoditi pangan, baik sayuran, daging segar, serta makanan olahan.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana mengakui dalam sidak ini aparat menemukan beberapa masalah terkait bahan pokok dan komoditi pangan yang dijual.

“Ada bahan makanan yang termakan tikus, termasuk parcel yang tidak sesuai antara kadaluarsa yang tertera di kemasan dan di luar parcel,” ujar Siti Farisyah Yana melalui keterangan tertulis.

Siti Farisyah Yana berharap swalayan dan minimarket yang menjual bahan pokok juga komoditi pangan agar memperhatikan kualitas produk yang dijual.

“Semoga kondisi komoditi pangan yang dijual berkualitas agar terjamin keamanan konsumen, terutama bahan-bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat,” ujar Siti Farisyah Yana.

Hadir dalam sidak tersebut perwakilan Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM Kaltim, LPKSM, Satpol PP Kaltim, Kesbangpol, BBPOM, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dinas Pangan TPH Kaltim, Dinas Perdagangan Kota Samarinda, LPPOM MUI dan Biro Ekonomi Setda Prov Kaltim. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status