News

RSU AW Syahranie Samarinda Bantah Rawat Pasien Terpapar Virus Corona

KLIKSAMARINDA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie Samarinda menjadi satu di antara rumah sakit yang menjadi rujukan nasional untuk penanganan pasien virus corona (Covid-19). Jika ditemukan adanya pasien yang mengidap penyakit dengan gejala seperti virus corona di Kalimantan Timur (Kaltim), RSU AW Syahranie akan menjadi rujukan rumah sakit di seantero Kaltim.

Namun, menurut Humas RSUD AWS, dr Arysia Andhina, hingga saat ini belum ada informasi mengenai adanya warga di Kaltim yang terindikasi mengidap virus corona.

Menurut dr. Sisi, sapaan akrabnya, ada beberapa rumah sakit di Kaltim yang telah menerima pasien dalam pemantauan (PDP) Covid-19. Di antaranya adalah Rumah Sakit Abdul Rivai di Berau dan RSUD Kanujoso Balikpapan.

Tetapi pihak RSU AW Syahranie Samarinda membantah telah menerima pasien suspect Covid-19.

“Namun untuk pasien yang dari Berau kami belum menerimanya, kalau koordinasi kami sudah lakukan namun pasien yang dimaksud bukan Corona. Namun hanya demam biasa dan saat ini tengah ditangani di rumah sakit di Berau,”  kata dr. Arysia saat ditemui di Ruang perawatan Sakura, Selasa pagi, 3 Maret 2020.

Kepada media, dr. Sisi juga mengatakan RSUD AW Syahranie Samarinda telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim, dan juga Kantor Kesehatan Pelabuhan terkait penanganan virus corona.

Informasi tentang tentang penyebaran Covid-19 atau Corona Virus sudah masuk ke Tanah Air mulai marak setelah Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan mengumumkan dua warga Indonesia menjadi suspect virus corona pada Senin 2 Maret 2020.

Pengumuman ini membuat sejumlah rumah sakit juga diterpa isu telah merawat pasien penderita penyakit dari virus berbahaya asal negeri Tiongkok tersebut. Tak terkecuali RSU AW Syahranie Samarinda yang dikabarkan telah merawat pasien PDP dari Berau. (Jie)