Parlementaria

Rakor Refocusing dan Relokasi APBD, Ini Harapan Ketua DPRD Samarinda

KLIKSAMARINDA – DPRD Samarinda turut mengikuti Rapat Koordinasi Conference Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan Dengan Gubernur Dan Walikota/Bupati Se-Indonesia Terkait Tata Cara Refocusing Relokasi Pada APBD TA 2020. Rapat berlangsung Jumat 17 April 2020.

Ketua DPRD Sanarinda mengkuti rapat tersebut dari Ruang Utama Kantor DPRD Samarinda Jalan Basuki Rahmat bersama unsur pimpinan dan anggota DPRD Samarinda serta Walikota Samarinda dan jajaran Pemkot Samarinda.

Rapat ini fokus pada penganggaran untuk kesehatan, jaring pengaman sosial dan dampak ekonomi terhadap dampak Covid-19. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian juga memaparkan rasio penganggaran, alokasi anggaran, dan alokasi penanggulangan Covid-19.

“Rapat ini merupakan koordinasi Relokasi dan Refokus Anggaran APBD untuk penanganan Covid-19. Banyak arahan yang diberikan terkait penanganan pandemi ini. Semoga kita semua bisa melawan pandemi ini dengan tekad dan persatuan,” ujar Siswadi usai rapat.

KLIK JUGA:  Beberapa Kritik Legislator Soal Banjir Samarinda

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan refocusing dan realokasi APBD tahun anggaran 2020. Kemudian refocusing belanja tidak tetap dan bantuan sosial. Termasuk rekap lima daerah yang terbesar dan terkecil yang mengalokasikan anggaran daerah dalam penanganan Covid-19. Kemudian pemaparan rasio anggaran penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam paparannya membahas dampak Covid-19 terhadap penerimaan negara dan daerah. Termasuk pemotongan/penghentian belanja tidak penting baik barang dan jasa. Tetapi dikhususkan untuk penanganan Covid-19 yaitu program kesehatan, program dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial (JPS) baik pusat maupun di daerah. (*)