Peluang Kerja Lulusan Teknik Telekomunikasi dan Gajinya

Lulusan Teknik telekomunikasi dibutuhkan di zaman modern saat ini mengingat fokus pendidikan mereka seputar sistem telekomunikasi seluler dan teknik digital. Mereka juga belajar mengenai pemasangan kabel dan telekomunikasi radio serta lainnya. Ahli-ahli telekomunikasi dibutuhkan dalam banyak bidang pekerjaan.

Anda bisa mencari prospek atau peluang kerja lulusan teknik telekomunikasi dan gajinya di artikel ini. Sebelum itu, perhatikan bahwa CV menjadi syarat penting untuk mendaftar pekerjaan yang berkaitan dengan teknik telekomunikasi. Anda bisa mendapatkan informasi tambahan  mengenai CV teknik telekomunikasi dengan mengunjungi link tersebut.

Anda tak perlu bingung jika baru lulus dari jurusan teknik telekomunikasi. Pasalnya lulusan teknik telekomunikasi dapat bekerja di banyak bidang yang sangat berkaitan dengan keilmuan mereka. Selain itu, peluang kerja tersebut juga memiliki gaji yang rata-rata di atas UMR Indonesia. Apalagi jika Anda bisa mengembang karir pada bidang profesi teknik telekomunikasi, tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan gaji di atas 2 digit.

 

8 Peluang kerja teknik telekomunikasi dan gajinya

Setidaknya ada 8 prospek kerja teknik telekomunikasi yang wajib diketahui bagi para lulusan di jurusan tersebut. Prospek kerja teknik telekomunikasi ini bisa menjadi karir cemerlang untuk masa depan Anda. Simak 8 prospek kerja teknik telekomunikasi dan gajinya, sebagai berikut:

  1.     Arsitek Jaringan Komputer

Menjadi arsitek tidak selamanya berurusan dengan rumah dan bangunan. Anda juga bisa menjadi arsitek jaringan komputer. Pada pekerjaan ini Anda akan bertugas merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer dan informasi. Anda juga akan berurusan dengan jaringan hardware, data telekomunikasi dan perangkat lunak di perusahaan.

Prospek kerja arsitek jaringan komputer juga cukup menjanjikan dengan gaji yang lumayan. Rata-rata gaji yang bisa Anda dapatkan bila bekerja sebagai arsitek jaringan komputer sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 8 jutaan. Gaji Anda tentu saja bisa bertambah seiring dengan jenjang karir terutama jika Anda sudah menjadi senior pada bidang pekerjaan ini.

  1.     Arsitek Sistem Komputer

Pekerjaan yang masih berhubungan dengan arsitek yaitu arsitek sistem komputer. Jenis pekerjaan ini bertugas mendesain dan mengembangkan solusi aplikasi pada masalah yang kompleks, masalah sistem administrasi hingga masalah jaringan. Adapun gaji yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan sekitar Rp4 juta hingga Rp8 jutaan per bulan.

  1.     Arsitek Database

Lulusan teknik telekomunikasi juga dapat bekerja sebagai arsitek database. Perusahaan membutuhkan seorang arsitek database dalam merancang strategi, membangun sistem database perusahaan dan terkait standar operasi, pemrograman, hingga keamanan database perusahaan.

Arsitek database salah satu pekerjaan yang sangat penting dan dibutuhkan sebuah perusahaan. Mereka akan menjaga database perusahaan dalam menyimpan data-data penting. Perusahaan akan menawarkan gaji pada profesi arsitek database mulai dari Rp 5 juta hingga Rp7 juta per bulan. 

  1.     Programmer Komputer

Peluang kerja lulusan teknik telekomunikasi selanjutnya ada programmer komputer. Seorang programmer komputer ini memiliki tugas merancang, memodifikasi, mengembangkan, melakukan uji code, form hingga script pada aplikasi komputer yang hendak dijalankan.

Jenis pekerjaan programmer komputer nyatanya cukup dibutuhkan di era modern saat ini. Adapun gaji yang biasanya akan diterima sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 jutaan per bulan bagi karyawan baru. Gaji Anda tentu saja akan naik seiring dengan performa yang baik dan jabatan semakin tinggi.

  1.     Operator Radio

Lulusan teknik telekomunikasi dapat bekerja sebagai operator radio yang bertugas mengirimkan telekomunikasi menggunakan peralatan telepon radio dengan peraturan pemerintah. Seorang operator akan bertelekomunikasi dengan pesawat, kapal, pekerja tambang, pengebor minyak lepas pantai dan sebagainya. Pekerjaan ini digaji mulai Rp 4,5 jutaan dan gajinya bisa lebih tinggi lagi.

  1.     Teknisi Mekanik Radio

Memilih pekerjaan sebagai teknisi mekanik radio bertugas memperbaiki peralatan pemancar dan penerima sinyal frekuensi radio biasanya digunakan dalam keadaan darurat atau servis. Bagi lulusan teknik informasi yang bekerja sebagai teknisi mekanik radio mendapatkan gaji mulai dari Rp 4 jutaan per bulan.

  1.     Analisis Sistem Komputer

Lulusan teknik telekomunikasi dibutuhkan pada pekerjaan analisis sistem komputer oleh perusahaan. Mereka akan bertugas melakukan analisis dari segi teknis, bisnis hingga permasalahan lain terkait pengolahan data. Biasanya pekerja analisis sistem komputer akan digaji perusahaan rata-rata Rp 4,5 juta hingga Rp 7 jutaan per bulan.

  1.     Administrator Sistem Komputer dan Jaringan

Peluang kerja terakhir bagi lulusan teknik telekomunikasi yaitu administrator sistem komputer dan jaringan. Mereka akan bertugas memantau jaringan dan memastikan ketersediaan jaringan bagi setiap pengguna sistem. Bila Anda bekerja sebagai administrator sistem komputer dan jaringan gaji yang akan didapatkan mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 6,5 juta per bulan.

Nah, itu tadi 8 peluang kerja teknik telekomunikasi beserta gajinya. Lulusan teknik telekomunikasi sangat dibutuhkan pada era saat ini karena peran dan tugas mereka pada sistem jaringan dan telekomunikasi. Anda juga akan mendapatkan gaji yang lumayan tinggi pada setiap profesi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status