Clicky

Orangutan Muncul di Kebun Sawit Berau Kaltim

KLIKSAMARINDA – Kehadiran individu orangutan terjadi di sebuah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kehadiran individu orangutan ini diketahui setelah sebuah video berdurasi 27 detik viral di media sosial, Minggu 1 Agustus 2021.

Dalam keterangan video itu, individu orangutan dikatakan muncul di kawasan perkebunan kelapa sawit PT TBP, Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau, pada Sabtu 31 Juli 2021.

Tampak dalam video singkat itu, orangutan berlari mengejar seorang petani sawit. Kehadiran orangutan itu membuat para pekerja kaget dan panik.

Bahkan dalam video berdurasi 27 detik tersebut, terlihat para pekerja berlarian menghindari kejaran orangutan tersebut.

”Tidak, tidak pukul kau. Kalau begitu, kau tidak dapat makan,” ujar warga yang terekam dalam video tersebut yang berlari menghindari kejaran orangutan.

Sampai dengan saat ini, belum diketahui apakah orangutan itu telah kembali ke habitatnya atau diamankan warga.

Rekaman video itu pun lekas viral di media sosial. Pihak dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur pun telah melakukan upaya evakuasi terhadap individu orang utan tersebut dengan mengirimkan Tim WRU SKW I Berau.

”Terima kasih banyak atas informasinya. Tim WRU SKW I Berau BKSDA Kalimantan Timur bersama Center for Orangutan Protection (COP) saat ini telah bergerak menuju ke lokasi untuk melakukan upaya penyelamatan, demikian keterangan pihak BKSDA Kaltim, Minggu siang, 1 Agustus 2021. (*)

DMCA.com Protection Status