Clicky

Kukar Jawara MTQ Kaltim 2021

KLIKSAMARINDA – Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang ke 42 di Kota Bontang pada tahun 2021 ini. Penobatan juara umum kepada Kabupaten Kukar itu berlangung Selasa malam, 8 Juni 2021 dalam penutupan MTQ Tingkat Provini Kaltim ke-42 Kota Bontang.

Penyelenggaraan MTQ ke-42 tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Bontang tanggal 3-8 Juni 2021 ini ditutup Gubernur Kalimantan Timur DR.H. Isran Noor, M.Si. Dalam sambutan, Gubernur Isran Noor mengucapkan terimakasih kepada Kota Bontang selaku tuan rumah dan seluruh kontingen dari berbagai Daerah di Kaltim yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan MTQ ini.

”Selamat kepada para juara, agar senantiasa bersyukur atas prestasi yang telah diraih dan tetap mengasah diri untuk menghadapi MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan yang akan datang. Dengan mengucapkan Bismillah, pagelaran MTQ ke-42 tingkat Provinsi Kaltim resmi saya tutup,” ujar Gubernur Isran Noor.

Wai Kota Bontang, Basri Rase mengucapkan selamat kepada Kab. Kukar Juara Umum ke-I dan Kota Samarinda Juara Umum ke-III. Kota/Kab lain semoga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik pada MTQ XLIII tahun depan.

MTQ ke 42 ini diselenggarakan sejak tanggal 3 sampai 8 Juni 2021. Dengan total peserta 720 kafilah dari seluruh sembilan Kabupaten/Kota se Provinsi Kaltim. Diketahui, perhelatan MTQ ke-43 tahun 2022 akan digelar di Kota Samarinda.

”Sebagai Tuan Rumah, kami atas nama Kota Bontang memohon maaf apabila selama pelaksanaan MTQ XLII Tingkat Provinsi Kaltim ini ada hal yg kurang berkenan atas pelayanannya trhadap semua kontingen,” ujar Basri Rase.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara Drs. H. Mukhtar terharu bercampur perasaan luar biasa ketika menerima piala bergilir sebagai juara umum yang keempat kalinya.

”Terima kasih pada semua pihak baik itu peserta pembimbing, dan official serta Pemerintah Daerah yang telah bekerjakeras selama ini sehingga tradisi Kukar Juara masih tersemat pada Kab. Kutai Kartanegara,” ujar Mukhtar.

Wakil Koordinator Dewan Hakim, Sidiq Amrillah mengumumkan jika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali keluar sebagai juara umum dengan perolehan nilai 83. Torehan nilai mengungguli tuan rumah Kota Bontang yang berada di peringkat kedua dengan nilai 74 dan Kota Samarinda di peringkat ketiga dengan nilai 70.

“Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menyabet juara umum MTQ tingkat Kaltim dengan nilai 83. Ini keempat kalinya Kukar menjadi juara umum,” ujar Sidiq Amrillah.

Berikut rincian perolehan medali MTQ ke-42 Tingkat Kaltim di Kota Bontang

Juara Pertama Kab.Kutai Kartanegara memperoleh 83 medali
Juara Kedua Kota Bontang dengan perolehan 74 medali
Juara Ketiga Kota Samarinda dengan perolehan 70 medali,
Juara Keempat Kota Balikpapan dengan perolehan 55 medali,
Juara Kelima Kab. Berau dengan perolehan 53 medali,
Juara Keenam Kab. Panajam Paser Utara dengan perolehan 35 medali
Juara Ketujuh Kab. Paser dengan perolehan 33 medali
Juara Kedelapan Kab. Kutai Timur dengan perolehan 27 medali
Juara Sembilan Kab. Kutai Barat dengan perolehan 0 medali

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status