Clicky

Selasa, 19 Januari 2021

Kaltim Dapat Pasokan 5,8 Ton Benih Jagung Kediri

Foto Karantina Samarinda

KLIKSAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendapatkan pasokan benih jagung dari Kediri Jawa Timur (Jatim). Pasokan benih jagung ini untuk memenuhi kebutuhan pasokan benih jagung hibrida bagi petani.

Pasokan ini didatangkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau. Jumlahnya mencapao1 kontainer atau setara dengan 5,8 ton.

Pejabat Karantina Pertanian memeriksa benih jagung tersebut saat datang di Pelabuhan Peti Kemas Palaran, Samarinda, Minggu 13 Desember 2020. Benih jagung ini jenis Pertiwi yang dikemas dalam bungkus kardus dengan berat per kardus 5 kilogram.

“Dengan kembali dibukanya secara bertahap jalur transportasi, komoditas pertanian asal luar pulau mulai berangsur pulih kembali,” ujar Muhammad Nasir.

Menurut Muhammad Nasir, pihaknya akan memastikan dokumen asal lengkap serta komoditas tersebut aman dan sehat. Tim Karantina Pertanian melakukan pemeriksaan fisik, kesesuaian jenis, serta jumlah media pembawa.

“Benih jagung tersebut akan dikirim ke Berau menggunakan alat angkut truk untuk petani di daerah sana. Ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk dapat ditanam dan selanjutnya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Berau,” ujar Nasir. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Content is protected !!