KLIKSAMARINDA | Jurnalis Sinergi Dengan Polres Kukar Jaga Kesejukan dalam Moment Pilkada 2020
News

Jurnalis Sinergi Dengan Polres Kukar Jaga Kesejukan dalam Moment Pilkada 2020

KLIKSAMARINDA – Gerakan Antihoaks Jurnalis Kalimantan Timur (Kaltim) turut berpartisipasi dalam upaya menangkal informasi hoaks di pelbagai wilayah di Kaltim. Satu di antaranya dengan turut memberikan pemaparan dalam agenda Focus Group Discussion Polres Kukar terkait bahaya informasi hoaks di tengah pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) baik di tingkat pusat maupun daerah, khususnya Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 2020 mendatang.

Agenda tersebut berlangsung Jum’at, 10 Januari 2020 pukul 20.00 WITA di Coffe Communitas, Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar. Ketua Gerakan Antihoaks Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan menerangkan, berita hoaks telah menjadi ancaman nyata yang merongrong keamanan masyarakat saat ini.

Ketua Gerakan Antihoaks Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan, saat memberikan paparan dalam FGD di Polres Kukar, Jumat malam, 10 Januari 2020. (Foto:dok)

“Berita hoaks ini paling cepat penyebarannya yang mana menginginkan perang/chaos yang menimbulkan konflik dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Charles.

Charles menambahkan, para pihak perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap sarana penyebaran berita hoaks, antara lain media sosial. Media sosial, menurut Charles berpotensi menjadi sarana penyebaran hoaks yang harus diwaspadai.

“Dari kegiatan ini sinergi yang sudah dibentuk harus kita tanggapi bersama sehingga media sosial yang menimbulkan berita hoaks dapat kita perangi bersama dengan sinergitas yang sudah kita bangun bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memerangi berita hoax itu sendiri. Jadilah patriotik dalam melawan hoaks, kita imbangi oleh pemberitaan positif tanpa hoaks dari awak media,” tandas Charles.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Polres Kukar ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho, S.IK., M.SI. FGD ini bertema “Sinergitas Polres Kukar dan Awak Media Dalam Menjaga Situasi Yang Aman, Damai, Dan Sejuk Menjelang Pilkada Serentak 2020”.

Menurut Kapolres Kukar, media massa dalam demokrasi berperan sebagai ruang publik yang menghadirkan informasi, memberikan gambaran dan lukisan kondisi sosial politik dengan jaminan adanya kebebasan berpendapat.

Peran itu semakin penting setelah munculnya pembaharuan sehingga dengan adanya sinergitas antara TNI, Polri, Kominfo, awak media maupun masyarakat dalam memberikan informasi positif dengan tujuan mencegah timbulnya berita-berita hoaks yang berdampak negatif bagi kehidupan bermasyarakat.

“Mengelola informasi dari kemanan dengan mengedepankan sinergi dengan awak media, yang ingin menjadikan media sebagai mitra strategis dengan memberitakan kegiatan positif Kepolisian,” ujar Kapolres Kukar.

Selain itu, Kapolres Kukar juga menyatakan pentingnya Polri bekerja sama dengan awak media dalam menciptakan rasa aman dan nyaman dengan mejaga situasi kondisi menjelang Pilkada 2020.

“Keamanan merupakan faktor utama dalam kegiatan Pilkada 2020. Yang mana banyak isu-isu negatif. Karena itu, peran awak media dalam menyejukkan situasi yang beredar sehingga tidak berkembangnya isu-isu negatif serta tidak terjadi konflik sosial kemudian dari peran kepolisian sendiri untuk menjaga situasi agar tetap kondusif menjelang maupun pasca Pilkada 2020,” papar Kapolres Kukar.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakapolres Kukar, Kompol Wiwit Adisatria, SH., S.IK., MT, Kabag Ren Polres Kukar, Kompol M. Gufron, SH, Kabag Sumda Polres Kukar, Kompol Kemis, S.Sos, Kasat Reskrim Polres Kukar, AKP Andika Dharmasena, SH,. S.IK, Kasat Lantas Polres Kukar, AKP Wisnu Dian Ristanto, S.IK, serta jajaran Polres Kukar lainnya. Hadir pula perwakilan Diskominfo Kukar, Ketua PWI Kukar beserta para jurnalis. (Jie)

DMCA.com Protection Status