Clicky

Ini Ungkapan Istri Gubernur Kaltim Tentang Dasa Wisma

KLIKSAMARINDA – Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Timur (Kaltim) Hj Norbaiti yang merupakan istri dari Gubernur Kaltim Isran Noor, mengikuti Webinar Perempuan Berdaya Indonesia Maju bertema Revitalisasi Dasawisma untuk Mencapai Ketahanan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19, Senin 21 Desember 2020.

Webinar ini digagas TP PKK Pusat dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020. Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti mengatakan, webinar ini dihadiri Ketua Tim PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Kepala BBKBN Hasto Wardoyo dan Dirjen Bina Bangda Kemendagri Hari Nur Cahya Murni, sekaligus bertindak sebagai nara sumber.

Dalam paparan narasumber, lanjut Norbaiti, dijelaskan bahwa TP PKK di daerah itu kekuatannya sangat besar bisa membantu kegiatan-kegiatan pemerintah di daerah.

“Semua materi yang disampaikan itu bagaimana dasa wisma bisa berperan aktif membuat data untuk masyarakat dimana dasa wisma itu berada. Jadi dasa wisma itu bisa bekerjasama dengan satgas tingkat RT dalam membuat data, sehingga informasi yang diberikan akurat dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Norbaiti.

Di Kaltim, menurut Norbaiti, dasa wisma itu sudah melakukan tugasnya dengan mendata orang yang sudah meninggal, orang yang masuk menjadi warga di lingkungannya dan bayi yang lahir.

Di masa pandemi Covid-19, kebutuhan akan data berubah, dan dasa wisma di Kaltim ikut menyesuaikan data yang diperlukan.

Data tentang Covid-19 yang diolah dasa wisma ini bisa menjadi rujukan bagi Dinas Sosial, bagaimana mendata masyarakat yang tidak mampu, bekerjasama juga dengan tim Satgas Covid-19.

“Sehingga antara PKK dengan Satgas Covid-19 itu memiliki satu data yang sama, tidak simpang siur,” ujar Norbaiti. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status