Pemkot Samarinda

Inflasi Samarinda Tembus 5,27 Persen, Wali Kota Minta TPID Waspada

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tetap waspada dalam menghadapi inflasi.

Dalam catatan Wali Kota Andi Harun, angka inflasi nasional secara tahunan sudah mencapai angka 5,95 persen. Target inflasi di akhir tahun nanti adalah 5,3 persen.

Inflasi Samarinda sendiri, menurut Wali Kota Andi Harun telah mencapai angka 5,27 persen.

Karena itu, dalam rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Rabu 12 Oktober 2022, Wali Kota Andi Harun memberikan arahan tersebut di hadapan jajaran Pemerintah Kota Samarinda baik melalui luring maupun daring.

Rakor tersebut langsung melibatkan camat dan lurah melalui zoom. Wali Kota Andi Harun mengatakan masalah pengendalian inflasi telah menjadi kewaspdaan nasional.

Presiden RI Joko Widodo telah menyatakan bahwa ekonomi global tengah menghadapi ketidakpastian. Ketidakpastin itu juga mulai membayngi perekonomian di tanah air.

Ketidakpastian ekonomi global itu, menurut Wali Kota Andi Harun yang mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, juga semakin meningkat dengan adanya imbas perang antara Rusia dan Ukraina yang belum berakhir hingga saat ini.

Dampaknya adalah kenaikan harga komoditas pangan dan energi di seluruh dunia.

“Samarinda sendiri angka inflasi sudah tembus di 5,27 persen. Walaupun masih di bawah angka nasional, tetapi tetap waspada. Mengingat segala kebutuhan pokok yang ada di Samarinda rata-rata masih didatangkan dari luar daerah. Termasuk untuk kebutuhan pangan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Adanya arahan Presiden, menurut Wali Kota Andi Harun, perlu diterjemahkan di tingkat daerah seperti di Samarinda. Karena itu, upaya sinergi untuk mengantisipasi inflasi perlu dilakukan seperti saat memerangi masalah pandemi.

Dalam satu pekan ke depan, Wali Kota Andi Harun akan fokus terhadap pengendalian inflasi di kota Samarinda.

“Memperkuat konsolidasi melalui kerja bersama dalam mengidentifikasi terhadap kebutuhan pokok yang masih didatangkan dari luar Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status