Clicky

Hoaks Vaksinasi Massal Beredar di Samarinda

KLIKSAMARINDA – Pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi hoaks tentang agenda vaksinasi Covid-19 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Informasi itu beredar melalui pesan berantai sejak Selasa, 22 Juni 2021 kemarin.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr. Osa Rafshodia MscIH menyatakan dalam keterangan tertulisnya, Rabu 23 Juni 2021, pesan berantai itu tidak jelas sumber informasinya.

“Banyak pesan berantai yang tidak diketahui sumbernya tersebut, yang menyatakan akan ada vaksinasi secara masal untuk masyarakat umum itu adalah hoax atau tidak benar,” ujar dr. Osa Rafshodia MscIH.

Menurut dr. Osa Rafshodia MscIH, seluruh masyarakat Kota Samarinda agar tidak mudah percaya terhadap pesan berantai yang disebarkan kepada halayak publik secara umum yang tidak diketahui sumbernya dari mana.

“Dinas Kesehatan Kota Samarinda, masih memprioritaskan kepada masyarakat yang berusia 50 tahun ke atas dan para pekerja pelayanan publik,” ujar dr. Osa Rafshodia MscIH.

Pihak yang juga menjadi korban hoaks itu adalah RSU AW Syahranie Samarinda. Dalam keterangan tertulisnya kemarin, RSU AW Syahranie Samarinda bahkan mengeluarkan klarifikasi untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, khususnya di Samarinda terkait sasaran vaksinasi massal.

“Telah beredar imformasi yang tersebar di masyarakat melalui pesan whatsapp yang berisi “Yang belum vaksin & berumur 18 tahun ke atas bisa daftar di RS. AWS via telp 0541 – 738118.” Pesan tersebut adalah TIDAK BENAR,” demikian keterangan pihak RSU AW Syahranie Samarinda.

Untuk saat ini sasaran vaksinasi RSUD AWS adalah pralansia, lansia, pemuka agama, pedagang pasar, guru SMP, SD, TK/PAUD. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com