News

Genangan Air di Jalan Pangeran Suryanata Samarinda-Tenggarong Perlu Segera Ditangani

KLIKSAMARINDA – Jalur Jalan Pangeran Suryanata, tepatnya di depan Pergudangan Bizpark RT 14, Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, mengalami genangan air yang merendam sebagian badan jalan. Kondisi jalan poros Samarinda-Teggarong ini sudah berlangsung empat hari berturut-turut.

Walaupun warga setempat dibantu Relawan At-Taufiq telah melakukan upaya penyedotan, permukaan air tetap saja kembali naik setelah turun. Sehingga, diperlukan penanganan cepat berupa normalisasi saluran dan gorong-gorong oleh Pemprov Kalimantan Timur selaku pengelola jalan.

“Sudah 4 hari berturut-turut disedot airnya, tapi tetap naik lagi. Perlu normalisasi gorong-gorong oleh Pemprov selaku pengelola jalan,” ujar Camat Samarinda Ulu Sujono, Senin 15 Januari 2024, melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Sujono, status Jalan Pangeran Suryanata sebagai jalan provinsi menjadi kewenangan Pemprov Kaltim untuk segera menangani genangan air tersebut. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses utama Samarinda-Kukar yang sangat vital.

“Kami akan koordinasi dengan Pemprov Kaltim terkait normalisasi gorong-gorong di titik tersebut. Karena merupakan jalan provinsi yang strategis menuju Kukar,” imbuhnya.

Diketahui, genangan di ruas jalan itu terjadi setelah hujan. Kondisi ini mengganggu kelancaran lalu lintas sehingga respons cepat dari Pemprov Kaltim sangat dibutuhkan.

Saat ini pihaknya berencana segera menyurati Dinas PUPR dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Provinsi Kalimantan Timur guna merespon kondisi darurat tersebut.

Dengan penanganan cepat, diharapkan masalah genangan yang kerap terjadi di ruas vital ini dapat teratasi. Sehingga, akses transportasi dari Samarinda menuju Kabupaten Kutai Kartanegara bisa kembali lancar, aman, dan nyaman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status