NewsPemkot Samarinda

Dua Kunci Utama Pengendalian Banjir Samarinda, Penataan Wilayah Sungai dan Drainase

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya mengendalikan banjir yang kerap melanda dengan melanjutkan normalisasi sungai dan drainase. Usaha ini mulai membuahkan hasil positif seperti yang terjadi pada proyek pascanormalisasi Jalan Tarmidi pada 2023 lalu.

Pada tahun 2024, Pemkot Samarinda melanjutkan normalisasi di Segmen Jalan Abdul Muthalib dan sejumlah titik wilayah lainnya. Antara lain, Jalan Perniagaan Samarinda.

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan langkah ini merupakan komitmen serius Pemkot dalam mengatasi masalah banjir di Kota Samarinda.

“Rencananya akan dilanjutkan, termasuk di Abdul Muthalib, Perniagaan, dan sekitar JB. Kami menunggu hasil identifikasi dan perhitungan dari KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) ,” ujar Wali Kota Andi Harun, ditemui Jumat malam, 2 Februari 2024.

Menurut Wali Kota Andi Harun, penataan Sungai Karang Mumus menjadi solusi utama. Ia menilai dampak positif penataan sungai ini sudah dirasakan warga dalam 2 tahun terakhir.

Selain itu, normalisasi drainase juga langkah penting untuk mengendalikan genangan yang terjadi sabah hujan melanda.

“Kita perlu memastikan daya tampung dan kondisi sungai normal sebagai tujuan akhir aliran air. Drainase secara bertahap dinormalkan mengingat anggaran terbatas. Kita berharap aliran sampai ke sungai,” ungkap Wali Kota Andi Harun.

Related Articles

Lebih lanjut, Wali Kota Andi Harun menegaskan, penataan bantaran sungai tidak hanya untuk mengembalikan fungsinya. Bantara sungai juga memiliki peran sebagai sumber kehidupan bagi warga dan alat transportasi serta mengendalikan banjir.

“Sungai berperan penting dalam kehidupan kita. Kami serius dalam pengendalian banjir dan fungsi sungai. Kami minta dukungan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan upaya ini,” ujar Andi Harun.

Normalisasi sungai dan drainase menjadi kunci utama Pemkot Samarinda dalam pengendalian banjir. Wali Kota meminta dukungan warga agar upaya ini dapat berkelanjutan di masa mendatang. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status