News

Diungkap Kepala Kesbangpol Samarinda, Ini Jumlah Anggaran untuk Pilkada

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Samarinda membeber anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini di Kota Tepian.

DENGAN total sekira Rp 87 miliar, dana tersebut diserahkan untuk empat lembaga. Rinciannya Rp 54 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Rp 17 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda, Polri sebesar Rp 12 miliar, dan Rp 4 miliar untuk TNI.

“Anggaran sudah jelas tercatat di PHD (Perjanjian Hibah Daerah, Red.). Kurang lebih nilainya begitu (Rp 87 miliar, Red.), karena yang kecil-kecil (anggarannya,Red.) tidak kami hitung,” kata Sucipto Wasis, Kepala Badan Kesbangpol Samarinda, saat memberikan sambutan di Sosialisasi Pendidikan Politik di Apokayan Ball Room, Lantai 3, Hotel Horizon –Jalan Imam Bonjol, Samarinda– Rabu 12 Juni 2024, pagi tadi.

Dengan jumlah anggaran yang besar, Sucipto Wasis berharap, lembaga yang menerima bisa memanfaatkannya dengan efektif dan efisien. Sebab, tugas Kebangpol Samarinda adalah menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) bersama KPU dan Bawaslu.

Apalagi tahun ini, pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Samarinda bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), 27 November 2024 mendatang. Selain itu, penyelenggaraan Pilkada tahun ini juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia. “Tahapan pemilu sudah dimulai, salah satunya membentuk badan ad hoc pemilu,” ujarnya. “Baru kali ini pilkada serentak se-Indonesia. Jadi jangan dilewatkan. Biaya yang dikeluarkan enggak sedikit,” timpal Sucipto Wasis.

Disamping itu, terkait Sosialisasi Pendidikan Politik, Sucipto Wasis menganggap para peserta yang hadir merupakan orang terpilih. Sebab, dari merekalah informasi Mengenai penyelenggaraan Pilkada di Kota Samarinda akan disebarluaskan ke masyarakat.

“DPT (Daftar Pemilih Tetap, Red.) ada sekitar 600.000. Sebanyak itu tidak mungkin kami sosialisasikan. Makanya melalui kegiatan seperti inilah kami minta tolong kesediaan bapak ibu membantu Kesbangpol untuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” paparnya.

Selain itu, Sucipto Wasis berharap, Pilkada di Kota Samarinda bisa berjalan aman dan lancar. “Mari kita memilih oemimpin, ini merupakan wujud kepedulian terhadap kota kita. Hindari golput. Ajak handai tolan. Mudahan kia bisa bersama-sama bisa meningkatkan partisipasi masyarakat,” tukasnya. (fai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status