Bendungan Telake Paser Masuki Tahap Pengadaan Tanah Untuk Akses Jalan

KLIKSAMARINDA – Pembangunan Bendungan Telake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser Kalimantan Timur terus berjalan. Progresnya hingga pekan ketiga Februari 2021 memasuki tahapan pembangunan area di sekitar bendungan.

Hadir pada kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Paser, Camat Long Kali, Danramil Long Kali, Kapolsek Long Kali, unsur Balai Wilayah Sungai (BWS) IV, Dinas PUPERA Provinsi, Biro PPOD, dan Biro Infrastruktur Setda Prov. Kaltim.

Ketua Panitia Persiapan Pengadaan Tanah Bendung Telake yang juga Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim, Jauhar Effendi menghadiri konsultasi publik dalam sosialisasi dan pendataan awal rencana pengadaan tanah untuk pembangunan jalan akses, bendung pelengkap, saluran primer dan sekunder bendung daerah irigasi Telake.

Pertemuan berlangsung Senin 22 Februari 2021 di Aula Kantor Camat Long Kali. Pertemuan ini berlangsung dalam empat sesi sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Jauhar Effendi, pada sesi pertama pertemuan menghadirkan 39 warga masyarakat Kelurahan Long Kali. Sebanyak 39 warga ini sebagai pemilik tanah yang akan terkena kegiatan proyek Bendung Telake.

Baca juga:  Perkawinan Usia Anak di Kaltim Seribu Kasus Lebih

Sesi kedua, diikuti oleh Warga Sebakung Makmur sebanyak 18 orang. Sesi ketiga diikuti oleh 43 orang warga Sebakung, dan sesi keempat yang diundang 40 orang juga dari warga Sebakung.

“Selama kegiatan banyak dinamika yang terjadi. Ada miskomunikasi, disinformasi dan lain-lain. Alhamdulillah ini bisa diuraikan satu persatu oleh Tim Panitia Persiapan Pengadaan Tanah,” ujar Jauhar Effendi melalui keterangan tertulis.

Jauhar Effendi berharap agar pmbangunan Bendung Telake yang sudah masuk Program Strategis Nasional (PSN) bisa terwujud Tahun 2023.

“Sehingga tersedia air untuk mengairi sawah, dan pada gilirannya kesejahteraan warga masyarakat semakin meningkat. (*)