Bappeda Kaltim Kembangkan Program Secepat Mobil | KLIK SAMARINDA
Provinsi Kaltim

Bappeda Kaltim Kembangkan Program Secepat Mobil

KLIKSAMARINDA – Program Secepat Mobil masih asing dalam benak warga Kaltim. Lumrah, karena program ini baru soft launching oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltim.

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, HM Aswin membuka soft launching dan sosialisasi secara online melalui aplikasi Zoom meeting di ruang rapat GSCC, Selasa 27 Oktober 2020. HM Aswin menyampaikan dalam sambutan, dirinya sudah mengunduh aplikasi ini dan sudah didemokan kepada Gubernur. Aplikasi ini memudahkan bagi Kepala Dinas, Sekretaris, maupun Kepala Bidang untuk mengetahui seberapa penyerapan anggaran.

“Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengetahui sejauh mana penyerapan anggran kita. Khusus kepala dinas, kita bisa membandingkan apakah kita sudah di atas rata-rata nasional ataukah masih di bawah rata-rata nasional, atau di atas rata-rata Provinsi atau sebaliknya,” ujar HM Aswin.

Program Secepat Mobil merupakan singkatan dari Sistem Informasi Cepat Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Berbasis Mobile. Program besutan Bappeda Kaltim ini merupakan upaya dalam rangka pengembangan inovasi perkembangan dari sistem informasi pelaporan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) terbaru berbasis ponsel pintar.

TEPRA adalah instrument penting bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam melakukan evaluasi maupun monitoring perkembangan pelaksanaan pembangunan yang dalam hal ini secara langsung dipantau oleh Bapak Pimpinan mulai dari Bapak Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah dan juga Tim Gubernur (TGUP3).

Point of View:  Purnatugas, Kustiningsih Akan Tetap Jaga Tali Silaturahim di BKD Kaltim

Menurut Kasubbid Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Kaltim, Muhammad Hamsani, aplikasi TEPRA di tahun 2012 masih menggunakan format exel. Program ini kemudian berkembang di tahun 2014 menjadi aplikasi berbasis web bernama SIMONTEPRA yang masih digunakan sampai saat ini.

Muhammad Hamsani menjelakan tujuan pembuatan aplikasi ini adalah tersedianya data realisasi APBD, diharapkan dalam jangka Panjang SECEPAT MOBIL dapat menyediakan data dan informasi pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota se-Kaltim.

“Di tahun 2020 ini dikembangkan menjadi aplikasi berbasis android yaitu SECEPAT MOBIL,” ujar Muhammad Hamsani melalui rilis. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status