Clicky

Yuk Ngabuburit ke Festival Bunga Samarinda

KLIKSAMARINDA – Jika Anda bosan menunggu waktu berbuka dengan mencari lokasi kulier, cobalah alternatif lain. Seperti yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur. Alternatif ngabuburit itu ada di satu lokasi yang menyuguhkan suasana dan panorama berbeda.

Event Saffana atau Samarinda Flora dan Fauna Food Festival suatu pameran tanaman hias hasil pengembangan masyarakat dan pelaku UMKM di kota Samarinda. Lokasinya di jalan PM Noor, Nomor 17, Samarinda.

Di sana, Anda tidak hanya melihat tanaman hias. Pun, ada suguhan pameran berbagai satwa hasil peliharaan warga.

Berbagai tanaman hias dipajangkan dalam event ini. Antara lain, tanaman hias dari Amerika latin, seperti Ekuador, Amerika Selatan seperti jenis montera, alokasia, aglonema, hajetik, dan beberapa tanaman hias jenis kaktus.

Seorang kolektor tanaman hias, Firman mengatakan memelihara tanaman hias jenis ini tidak memerlukan perawatan yang seirus karena tidak harus disiram setiap hari.

Salah satu tanaman hias yang mendapat perhatian dari masyarakat adalah tanaman kareto verde, tanaman jenis ini berasal dari Amerika Tengah, namun kini telah berhasil dikembangkan oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia.

“Jadinya dia tuh punya motif berbeda kan dia cocok di tempat-tempat yang tropis. Jadinya dia semakin terang semakin menor. Per daun saja ini bisa Rp1 jutaan. Ini aslinya habitatnya dari Ekuador,” ujar Firman, Jumat 23 April 2021.

Di tempat ini, Anda tidak hanya melihat produk yang dipamerkan. Para pengunjung juga bisa membeli bibit maupun tanaman hias yang dijajalkan ditempat ini dengan harga bervariasi, mulai Rp500 ribu hingga Rp15 juta.

Hanya dengan Rp10 ribu, para pengunjung dapat melihat semua pameran flora dan fauna yang ada. Sejumlah pengunjung mengaku tidak menyangka jika tanaman hias yang berasal dari luar negeri bisa dikembangkan di Indonesia.

Salah satunya Fitri warga Jalan AW Syahranie, Samarinda. Fitri mengaku tidak menyangka di Saffana bisa melihat banyak sekali tanaman hias.

“Sekalian ngabuburit. Saya sangat appreciated. Ternyata orang Samarinda itu sudah sangat mengenal berbagai macam spesifik tanaman karena saya melihat banyak banget spesifik tanaman bahkan ada yang belum pernah saya lihat,” ujar Fitri.

Nah, apresiasi juga datang dari Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi. Dirinya mengaku senang dengan adanya festival tanaman hias ini.

Wawali Rusmadi berharap agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari tanaman ini. Dengan hobi bisa menghasilkan uang apalagi disaat pandemi saat ini.

“Itu kalau di rumah-rumah, orang pada umumnya tapi bukan di rumah saya itu kan bunganya bunga plastik. Padahal banyak jenis bunga dan tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan. Kalau kita sudah mencintai lingkungan, pakai hati. Kalau kita cinta tanaman, kalau tidak pakai hati gak mungkin jadi,” ujar Wawali Rusmadi.

Menurut penggagas Festival Saffana, Shelia Ahmad, festival tersebut adalah upaya untuk memberikan peluang kepada UMKM agar bisa berkembang.

“Kita mau meningkatkan UMKM. Pandemi agak susah semua lini. Rumah Ulin, kan pecinta flora fauna. Itu yang kita angkat. Pecinta binatang, pecinta tanaman hias itu, kita kumpulkan. Jadi kayak gathering komunitas besar,” ujar Shelia.

Jika Anda ingin mengetahui jenis tanaman hias yang trend, datang saja ke Festival Saffana yang berlangsung sejak 23 April hingga 5 Mei 2021. (Jie )

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status