Wali Kota Samarinda Lantik Ratusan Pejabat Baru, Ingatkan Kualitas Kinerja

lantik pejabat baru

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyalami pejabat baru usai pelantikan, Jumat 11 November 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, melantik pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat fungsional, dan kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Pelantikan digelar di Halaman Parkir Barat Balai Kota Samarinda, Jumat 11 November 2022.

Ada 135 Pejabat Struktural, 80 orang Pejabat fungsional, 28 Kepala Sekolah, dan 2 Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Saat sambutan, Wali Kota Andi Harun mengatakan kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi.

Pelantikan pejabat baru ini dilakukan dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun menambahkan, ini bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, pelantikan ini harus dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi.

Bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

“Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga mengatakan, saat ini Lembaga Pemerintahan sendiri mengisyaratkan perlunya pemimpin yang memiliki tingkat kompetensi dan profesionalisme.

Sehingga mampu memastikan berjalan efektif dan mencapai sasaran yang diinginkan.

“Saya ingin mendorong agar pejabat kita siapapun pimpinan di semua tingkatan agar memperbanyak turun ke lapangan, agar tidak lagi bersifat administratif saja,tapi jga harus bersifat koperatif di lapangan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun berharap mereka membuat inovasi, menjadi mesin penggerak di organisasi masing-masing dalam mencapai program prioritas visi misi dan harapan masyarakat.

“Artinya dalam pelantikan ini, sebagai pejabat pemerintahan, apabila terus bekerja positif memiliki inovasi dan kinerjanya terhadap pelayanan publik dan pembangunan terus meningkat,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Orang nomor satu di kota tepian ini juga mengatakan akan ada reward, bisa berupa penghargaan, promosi jabatan.

Demikian juga kalau kedisiplinan dan kinerja terus menurun tentu juga ada sanksi yang diberikan berupa mosi, penutunan jabatan, bisa juga penegakan disipilin.

“Tetapi tujuannya bukan untuk mempertebal ingatan terhadap sanksi. Justru sebaliknya agar disipilin makin tinggi, kinerjanya bermanfaat bagi masyarakat secara langsung. Mereka ingat itu ada rewardnya dan juga bernilai ibadah kepada tuhan yang Maha Esa. Ini yang kita ingin sampaikan pada hari ini,” ujar Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com