NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Harap Partisipasi Pemilih Tinggi pada Pemilu 2024

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, ikut berpartisipasi memilih pada Pemilu Serentak 2024 yang berlangsung pada Rabu 14 Februari 2024. Wali Kota Andi Harun mencoblos didampingi istri di TPS 22 Gang Damai Sempaja Selatan, Samarinda.

Dalam pemilihan kali ini, Wali Kota Andi Harun berharap agar Kota Samarinda dapat mencapai tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Dalam beberapa bulan terakhir, Pemerintah Kota Samarinda dan seluruh komponen masyarakat telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak pilih mereka.

“Dengan harapan bahwa Kota Samarinda menjadi salah satu daerah dengan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini yang cukup tinggi, lebih tinggi dari pemilu-pemilu sebelumnya, baik itu pemilu presiden, legislatif, maupun pilkada,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Menurut Wali Kota Andi Harun, Pemerintah Kota Samarinda telah menggelar sejumlah agenda sosialisasi dan edukasi untuk membangun pemahaman masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilu guna memajukan demokrasi dan kelanjutan pembangunan Indonesia.

Hal ini disosialisasikan melalui arahan yang jelas kepada perangkat pimpinan wilayah, camat, lurah, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Perangkat pimpinan wilayah, camat, lurah, serta semua komponen masyarakat dalam aliansi strategis kemitraan dan kolaborasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Kota Samarinda,” ujarnya.

Dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, Wali Kota Andi Harun menilai suasana di wilayah darat Kota Samarinda pada Pemilu kali ini terasa lebih tenang. Namun, tensi pemberitaan di media sosial yang terkesan memanas justru memberikan kesan yang berbeda.

“Calon-calonnya juga dingin-dingin saja, mungkin yang panas itu lebih kepada tensi pemberitaannya dan influencer di media sosial,” jelas Andi Harun.

Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak memberikan arahan khusus terkait pilihan politik warga Kota Samarinda.

“Pokoknya kita berharap siapapun yang terpilih, kita yakin mereka adalah putra-putri terbaik bangsa ini yang akan membawa kebaikan dalam pembangunan bangsa dan negara,” ucap Andi Harun.

Selain mengajak warga untuk berpartisipasi, Wali Kota juga mengingatkan tentang kesehatan para petugas KPPS yang akan bekerja keras selama proses pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024.

“Kami telah mengirim surat ke KPU untuk memperhatikan distribusi makanan kesehatan bagi petugas KPPS. Kami juga telah menyiapkan tim reaksi cepat darurat kesehatan, karena mereka akan bekerja dengan lelah mulai dari proses pemungutan suara hingga perhitungan suara,” ungkap Andi Harun.

Ia berharap setelah perhitungan suara Pemilu 2024 selesai dilakukan, semua perbedaan pandangan politik yang muncul selama kampanye dapat segera ditinggalkan.

“Kembali bersatu memperkuat persatuan nasional, menjadi warga Kota Samarinda yang utuh, serta membangun kontribusi dalam pembangunan nasional,” pungkas Andi Harun.

Dengan berbagai persiapan dan sosialisasi yang gencar dilakukan, diharapkan partisipasi pemilih Kota Samarinda pada Pemilu 2024 kali ini bisa melebihi tahun-tahun sebelumnya. Hal ini penting untuk memajukan demokrasi dan menciptakan stabilitas politik jangka panjang di Indonesia. (Pia/Adv/PemkotSamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status