Wali Kota Andi Harun Dukung Pelatihan Juru Ukur Demi Pembangunan IKN

pelatihan juru ukur

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menghadiri pembukaan pelatihan juru ukur, Senin 31 Oktober 2022.

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, membuka Pelatihan dan Sertifikasi Operator Muda Survei Terestris atau Juru Ukur, Senin, 31 Oktober 2022.

Pelatihan juru ukur tersebut akan berlangsung mulai 31 Oktober hingga 5 November 2022 dengan 50 orang peserta pelatihan.

Pelatihan dan Sertifikasi Operator Muda Survei Terestris/Juru Ukur ini merupakan kerja sama Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) V Banjarmasin.

Seluruh dana pelatihan dan sertifikasi ditanggung oleh pihak BJKW V Banjarmasin.

Peserta pelatihan dan sertifikasi tersebut nantinya akan memenuhi keperluan tenaga kerja di Ibu Kota Negara (IKN).

Khususnya terkait dengan kebutuhan tenaga kerja Juru Ukur di IKN. Wali Kota Andi Harun mengatakan, saat ini peluang dari hadirnya IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat banyak.

Sebagai salah satu profesi yang diperlukan di IKN, Wali Kota Andi Harun menilai survei terestris memiliki tingkat ketelitian informasi topografi yang cenderung tinggi apabila dibandingkan dengan teknik survei dan pemetaan lainnya.

“Profesi ini unik, teknis, langka dan sangat dibutuhkan apalagi jika dikaitkan dengan mempersiapkan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur,” ujar Wali Kota Andi Harun saat membuka pelatihan.

Pemkot Samarinda menjemput kesempatan baik itu dengan melakukan pembinaan terhadap putra putri daerah untuk menjadi Juru Ukur.

“Akhirnya sampailah di kegiatan yang kalian lihat tadi, pelatihan sertifikasi dan itu semua diproyeksikan untuk di IKN,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga mengatakan Pemkot Samarinda tetap proaktif melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di IKN. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status