Clicky

Senin, 25 Januari 2021

Wagub Hadi Mulyadi Lantik Lima Komisioner KI Kaltim

KLIKSAMARINDA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Mulyadi, melantik dan mengambil sumpah jabatan komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim masa bakti 2020-2024. Prosesi pelantikan digelar di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu 7 November 2020.

Lima anggota Komisi Informasi Kaltim yang dilantik terdiri Imran Duse, M Khaidir, Erni Wahyuni, Ramon Dearnov Saragih, dan Indra Zakaria.

Wagub Hadi Mulyadi mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan komisioner Komisi Informasi Kaltim ini merupakan salah satu wujud implementasi UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik.

Melalui UU ini keberadaan Komisi Informasi diharapkan mengawal keterbukaan informasi publik juga memberikan stimulan pembangunan yang transparan dan demokratis, dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Point of View:  Pendapatan Pajak Samarinda Turun di Tengah Wabah Corona Tetapi Ada Keringanan Bagi Wajib Pajak

“Komisi Informasi adalah representasi perwakilan unsur masyarakat dan unsur pemerintah yang dipilih melalui tahapan dan mekanisme yang diatur UU. Tentunya dalam pelaksanaan tugasnya bersinergi dengan baik dan konstruktif, terutama menyelesaikan sengketa informasi dan menetapkan kebijakan umum pelayanan informasi publik bagi badan-badan publik,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Pemprov Kaltim, menurut Wagub Hadi Mulyadi mengharapkan, komisioner Komisi Informasi yang baru dilantik agar segera bekerja, dan merancang berbagai program sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya.

Menurut Hadi Mulyadi, tantangan semakin besar dan kompleks. Karena itu, bersama mempersiapkan diri untuk bekerja secara optimal demi mewujudkan ekspektasi masyarakat dalam hal mendapatkan informasi.

“Jadikan KI sebagai lembaga terdepan dalam mewujudkan keterbukaan informasi dengan tetap mengacu norma dan aturan, sehingga kondusifitas dan harmonisasi tetap terjaga,” tandas Hadi Mulyadi.

Point of View:  Catatan Kriminal Tersangka Pelaku Yang Mendorong Gusti ke Sungai Mahakam Hingga Meninggal

Wagub Hadi Mulyadi juga mengatakan pelantikan anggota Komisi Informasi Kaltim mengemban amanah agar berperan aktif dalam memerangi berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kepada kelima anggota KI yang telah dilantik, saya harapkan bisa bekerja semaksimal mungkin membangun Kaltim sesuai dengan tugas dan fungsinya, termasuk memerangi berita hoax yang berkembang di tengah masyarakat,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Wagub Hadi Mulyadi mengharapkan Komisi Informasi serta kerjasama dengan seluruh stakeholder termasuk masyarakat untuk aktif memerangi berita hoax yang tidak menguntungkan bagi semuanya.

“Kesadaran itu penting dengan mengolah informasi sebaik mungkin. Jadi jangan cepat-cepat share tanpa ada analisa yang cukup, baik berita dalam negeri dan luar negeri. Apalagi berita-berita yang sifatnya personal, itu tidak baik,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Point of View:  Ada Lebam, Kematian Tahanan Lapas Samarinda Dinilai Janggal

Terkait berita-berita hoax yang berkembang d masyarakat, Hadi Mulyadi mengingatkan agar masyarakat harus pintar membaca dan menyeleksi berita yang diterima dengan baik sehingga tidak mudah terpengaruh.

Anggota KI Kaltim M Khaidir mengatakan siap mengabdikan diri untuk empat tahun kedepan, dimana tugas dan fungsi KI bekerja maksimal dalam menindak lanjuti sengketa menjadi komitmen untuk menyelesaikannya.

“Tupoksi tim monitoring dan evaluasi tentang keterbukaan informasi publik, membuat petuntuk teknis dan pelaksanaan tentang layanan informasi publik. Tetap akan kita laksanakan sesuai tupoksi,” tandasnya.

Untuk pembentukkan Ketua KI Kaltim, lanjut Khaidir akan dirembukkan bersama angggota KI, paling lambat Selasa mendatang sudah dilakukan. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com