Fokus News

Update Kasus Covid-19 Kaltim: Positif di Kukar 8 Kasus

KLIKSAMARINDA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) terus meningkat. Per Senin, 8 Juni 2020, terjadi penambahan 9 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, dalam rilis melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting menyampaikan 9 kasus Covid-19 baru tersebut tersebar di daerah Berau (1 kasus), Kukar (8 kasus).

Rinciannya adalah dari Berau 1 kasus, yaitu BRU 37 (Laki-laki 30 tahun) merupakan OTG yang akan kembali bekerja di Berau. kasus dirawat di RSUD Abdul Rivai Berau sejak terkonfirmasi Covid 19 pada hari ini.

Dari Kutai Kartanegara 8 kasus, yaitu KKR 52 (Wanita 41 tahun) merupakan kasus ODP transmisi lokal Kutai Kartanegara. Kasus dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara. Tujuh kasus (KKR 53 (Laki-laki 30 tahun), KKR 54 (Laki-laki 30 tahun), KKR 55 (Laki- laki 30 tahun, KKR 56 (Laki-laki 30 tahun), KKR 57 (Laki-laki 30 tahun), KKR 58 (Laki-laki 31 tahun), KKR 59 (Laki-laki 41 tahun) merupakan kasus OTG yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Menurut Andi Muhammad Ishak, sebagian besar pasien konfirmasi positif pada hari ini adalah para pekerja yang kembali bekerja di Kaltim, namun sebelum bekerja diwajibkan tes swab oleh perusahaan.

“Dari situlah ditemukan banyak kasus positif. Hal ini nantinya jadi bahan evaluasi kami, untuk bekerjasama dengan perusahaan di Kaltim, membantu melakukan tracing dan mensyaratkan bagi pekerjanya melakukan tes swab,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Hingga saat ini total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim sebanyak 388 kasus. Andi Muhammad Ishak menyebutkan, kasus-kasus baru masih terjadi dan membuktikan potensi penyebaran Covid-19 masih tinggi di Kaltim.

“Ini warning bagi daerah yang telah menerapkan relaksasi atau yang baru mau menerapkan relaksasi. Covid itu ada di sekitar kita,” ujar Andi Muhammad Ishak. (*)