KLIKSAMARINDA | Update Covid-19 Kaltim 20 April 2020, Kasus Positif Meningkat, Ibu Tiga Anak Terpapar
Fokus News

Update Covid-19 Kaltim 20 April 2020, Kasus Positif Meningkat, Ibu Tiga Anak Terpapar

KLIKSAMARINDA – Perkembangan kasus Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) per 20 April 2020 memunculkan fakta terjadinya peningkatan jumlah positif Covid-19. Terjadi penambahan 4 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan membuat jumlah pasien positif Covid-19 di Kaltim menjadi 63 kasus.

adanya seorang ibu di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam rilis hasil Laboratorium Kesehatan Surabaya oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, Senin sore, 20 April 2020, ibu tiga anak ini merupakan hasil tracing kontak dengan PPU 1.

“Jadi, PPU 13 yang hari ini diumumkan positif adalah istri dari PPU 1 yang merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulsel 19 Maret 2020 lalu. Namun karena tidak memiliki gejala dan yang bersangkutan masih merawat 3 anaknya yang masih kecil, maka yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” ujar Andi M Ishak.

Andi M. Ishak menambahkan, pasien terkonfirmasi Covid-19 beserta ketiga anaknya telah mendapatkan edukasi cara menjalani Isolasi mandiri di rumah.

Kini, Kabupaten PPU menjadi salah satu daerah yang masuk kategori terjadinya transmisi lokal. Sebelumnya kota Balikpapan sudah ditetapkan Departemen Kesehatan sebagai daerah yang telah terjadi transmisi lokal menyusul tertularnya pasangan suami istri dari salah satu pasien positif di kota tersebut.

“PPU berpotensi jadi daerah yang telah telah terjadi transmisi lokal. Selain semakin meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19, kasus terakhir positif di PPU ternyata memiliki hubungan dengan PPU 1,” kata Andi.

Kasus lainnya di PPU adalah PPU 12 laki laki 55 tahun dan PPU 14 laki laki 41 tahun. Keduanya merupakan hasil tracing pelaku perjalanan dari Gowa, masing-masing dengan keluhan batuk. Keduanya kini dirawat di RSUD Aji Putri Botung Penajam.

Satu kasus terakhir adalah BPN 23 wanita 42 tahun yang merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta dengan keluhan demam, batuk dan nyeri tenggorokan, pasien dirawat di RST Hardjanto Balikpapan. (Jie)

DMCA.com Protection Status